Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... www.donibastian.com

menulis sebisanya..

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Mengenal Gosanke, 3 Jenis Ikan Koi Terpopuler

18 Mei 2020   02:28 Diperbarui: 18 Mei 2020   02:46 139 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Gosanke, 3 Jenis Ikan Koi Terpopuler
Sumber gambar : gilakoi.com

Ada lebih dari 100 jenis/varitas ikan koi dan bagi penggemar baru atau yang masih awam, mungkin sangat sulit untuk membedakannya. Namun demikian  kita bisa mulai dengan Gosanke  yaitu 3 jenis Koi yang paling populer dan sederhana untuk dipelajari.

'Gosanke' dalam bahasa Jepang secara harafiah berarti "tiga keluarga". Hal ini hanya merujuk pada tiga hal yang paling populer atau dikagumi dalam suatu kelompok koi. Di dunia ikan koi (atau lebih dikenal sebagai nishikigoi di Jepang) Gosanke terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku (Sanke) dan Showa Sanshoku (Showa). Tidak berlebihan jika  varitas ini mewakili sebagian besar koi di Jepang. Sejarah ikan koi adalah perpaduan yang indah antara ilmu pengetahuan dan legenda.


Kohaku 

Kohaku, seringkali disebut-sebut sebagai Koi yang pertama dan terakhir. Maksudnya adalah bahwa para pemelihara Koi pada awalnya selalu ingin memiliki Kohaku dan setelah benar-benar ahli maka koi favoritnya akan kembali pada Kohaku.

Koi Kohaku terdiri dari 2 warna yaitu  merah  (hi) dan putih (Shiroji). Idealnya, warna putihnya seputih salju. dan  Hi atau warna merah, harus konsisten dan cerah. Kiwa atau pada tepian warna merah harus harus tajam. Keseimbangan pola merah dan putih adalah kuncinya. Keseimbangan Pola  dari kepala hingga ke ekor paling penting dalam menilai kualitas Kohaku, apalagi jika terdapat  pola berbentuk bundar  di bagian kepala Kohaku akan selalu menjadi primadona.

Sanke (Taisho Sanshoku)

Taisho Sanke: sSeringkali  disingkat menjadi "Sanke"  memiliki karakteristik merah dan putih dari Kohaku dengan warna hitam ( sumi) sebagai aksen. Kata sumi mengacu pada warna tinta kaligrafi yang hitam pekat. Jadi tanda hitam lebih disukai warna gelap yang mendalam. Koi Sanke dengan keseimbangan pola yang elegan dan sederhana lebih disukai.

Showa (Showa Sanshoku)

Showa juga memiliki tiga warna, namun warna mereka bukan dengan dasar putih tapi dengan dasar gelap. Basis warna sumi (hitam) dengan pola yang dinamis dan kuat. Sederhana, bintik-bintik hitam yang lebih  tajam dari Sanke,  memberi kesan dan tampak seperti sapuan kuas yang indah di sepanjang tubuh Koi Showa. Saat ini Showa menjadi yang paling populer dari ketiganya dan telah memenangkan banyak kejuaraan.

Terlepas dari pola penilaian dan bentuk tubuh, sebagai pembeli, penting untuk mengetahui sejarah keturunannya.karena pembiakan koi adalah seni untuk mengetahui garis keturunan dan akan membantu untuk memahami bagaimana generasi mendatang akan muncul. 

Sumber gambar : https://www.pref.niigata.lg.jp
Sumber gambar : https://www.pref.niigata.lg.jp
Gosanke juga dikenal dengan sebutan  'The Big Three' Mengapa mereka disebut 'The Big Three' ?

Sebab memang ketiga varitas koi tersebut sangatlah populer dikalangan pehobi koi di seluruh dunia. Mari kita bertanya pada diri kita sendiri, bukankah ketiganya adalah yang paling kita kenal selama ini? The Big Three dikenal selalu merajai arena kontes koi dimanapun diadakan.

Sebagai bukti lain yang mendukung popularitas The Big Three adalah bahwa hampir seluruh pemenang Kontes Koi International terutama di Jepang selama dasawarsa ini, yang terpilih sebagai pemenang Grand Champion adalah diantara ketiganya. Kalau tidak Kohaku, Sanke, pasti Showa.

Sebagai ilustrasi adalah data Grand Champion pada event ZNA International Koi Show sbb :

2005 : Kohaku
2007 : Kohaku
2008 : Sanke
2009 : Sanke
2010  : Kohaku
2011  : Kohaku
2012 : Kohaku
2013 : Kohaku
2014 : Showa

Demikianlah semoga bermanfaat..

VIDEO PILIHAN