Mohon tunggu...
Doni A
Doni A Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

hobi melihat sesuatu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sosialisasi dan Edukasi Pemberdayaan Lahan dengan Penanaman Menggunakan Media Hidroponik

19 Agustus 2022   22:11 Diperbarui: 19 Agustus 2022   22:14 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Cirebon, 1 agustus 2022. Mahasiswa mengunjungi sekolah di SDN 2 GEYONGAN dengan tujuan mengedukasi siswa prihal permberdayaan lahan, kepada generasi muda sangat penting agar siswa bisa mengerti sejak dini pemberdayaan lahan kosong dengan cara menanam tumbuhan. Salah satunya dengan media Hidroponik.  Secara umum diketahui Hidroponik adalah suatu media tanam yang memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah. Biasanya seorang banyak yang menanam Hidroponik pipa plastic.

Dalam sosisalisasi tersebut siswa blum bisa mengerti maka dari itu mahasiswa mengedukasi tentang hidroponik dan berbagai macam cara menanam di hidroponik dan untuk meminimalisir siswa kurang mengerti maka di adakannya praktik menanam menggunakan sistem NFT "NUTRIENT FILM TECHNIQUE"  pada saat minggu dini hari.

Tidak hanya siswa saja yang membantu pengerjaannya tetapi beberapa warga desa juga ikut serta dalam pengerjaan dan beberapa kali memberikan saran atau masukan untuk pelaksaan tersebut. Diketahui juga NFT adalah salah satu cara yang sering digunakan kebanyakan orang untuk memberikan hasil yang cukup baik dalam media hidroponik ini, medianya sendiri sangat efisien.

Hal ini juga yang mendukung mahasiswa memilih media tersebut yang akan di praktikan pada minggu dini hari, hal ini di karenakan selain barang yang di butuhkan mudah di dapatkan dan juga tidak perlu merogo kocek yang cukup besar dalam pelaksanaannya. Dikarenakan mahasiswa bisa memanfaatkan beberapa bahan dari barang-barang bekas seperti pipa bekas, kayu habis pakai, maupun sampah-sampah minuman plastik.

Cirebon, 7 Agustus mahasiswa melakukan praktek di`sekolah pada dini hari. Siswa kelas 4 dan 5 sangat antusias dalam mengerjakan dan mempelajari cara menanam dengan rock wall sampai mereka juga mempelajari langsung NFT pada media Hidroponik itu bekerja.

Harapan mahasiswa akan tujuan sosialisasi tersebut dapat menumbuhkan kreativitas siswa agar siswa dapat mepelajari dan mempraktekan itu dirumahnya masing-masing agar bisa memberdayakan lahan yang kosong dan tidak dipakai.

Media Tanam Hidroponik yang di kenalkan yaitu menggunakan media rockwool dikarenakan rockwool bisa menyerap air lebih dan mengunci air lebih baik di bandingkan tanah biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan