Mohon tunggu...
Doni Fernando
Doni Fernando Mohon Tunggu... Koki - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

ūüďöMahasiswa Penerima Beasiswa Kemndikbud RI Program Studi D4 Perhotelan STP Trisakti ūü•Č3rd Winner LKS 2019 of Patisserie and Confectionery di DI Yogyakarta "Blogging is hard because of the grind required to stay intresting and relevant"

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Belajar Baking: Compound vs Couveture, Apasih Bedanya?

29 Oktober 2021   20:51 Diperbarui: 29 Oktober 2021   21:00 71 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai teman-teman aku Doni Fernando Mahasiswa STP Trisakti D4 Perhotelan 2019 sekaligus Penerima Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud Republik Indonesia. Artikel ini saya tulis untuk memenuhi laporan Beasiswa saya. Terima kasih Sudah berkunjung.

Halo teman- teman baking, hariini aku bakalan  kasih tau apa ajasih perbedaan couveture dan compound. Langsung aja yuk baca di bawah ini.....

Kalian tau ga sih cokleat compound dan cokelat couveture itu beda. Mungkin sebagian orang awam tidak tau apa itu couveture. Couvetur adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter, dan compound adalah campuran cokelat bubuk dan lemak nabati, sehingga cara pengolahan dalam menggunakan kedua coklat ini pasti berbeda karena dalam segi kandungan cokelat tersebut berbeda.

Sebagian dari kita pasti tidak tau apa itu cocoa mass. Cocoa mass berbentuk seperti pasta kental yang keluar dari biji cokelat yang nantinya akan menjadi cocoa liquor dan cocoa powder, kedu bahan ini yang menjadi bahan utama dalam pembuatan couveture dan coumpound.

COKELAT COMPOUND

Cokelat compound adalah alternatif pengganti cokelat couveture karena dari segi harga yang lebih murah. Di dalam cokelat compound hanya terdapat coklat bubuk dan lemak nabati serta sedikit pemanis. Cokelat compound memiiki rasa yang sangat manis daripada cokelat itu sendiri dan sebagian orang merasa cokelat compund tidak seenak cokelat couveture yang memiliki rasa yang sedikit pahit. 

Penanganan dalam penggunaan compund berbeda dengan pengguanaan couveture. Cokelat compound tidak perlu di olah dengan teknik tempering, pengolahan compound lebih mudah di gunakan dalam industri rumahan atau pribadi.

cokelat compound  tidak bisa mengkilap seperti couveture tetapi compound tidak mudah meleleh seperti couveture. cokelat compound lebih mudah digunakan karena proses pengolahannya hanya perlu di bain marie atau di microwave hingga cair daln bisa langsung di olah tanpa proses tempering.

COKELAT COUVETURE

Cokelat couveture memiliki presentasi cocoa buter yang tinggi, sehingga membuat rasa couveture lebih enak dan teksture yang baik. cara pengolahan cokelat couvetur sedikit rumit untuk orang awam dikarenakan harus menggunakan proses tempering agar cokelat dapat set atau mengeras kembali. Couveture biasanya meiliki rasa yang sedikit pahit bahkan lebih karena mengandung cocoa liquor yang lebih banyak. 

Cokelat couvetur cocok di jadikan hiasan dessert yang cantik karena memiliki warna yang mengkilap dan rasa yang lebih enak ketimbang compound. Couveture mimliki harga yang lebih mahal karena bahan  di lamanya memiliki kualitas yang tinggi ( embassy, varlhona). Cokelat couveture tidak bisa di tempering dengan sembarangan karena dalam menggunakan couveture perlu theknik khusus dan suhu tertentu. 

Dalam pengolahanya suhu ruangn harus dingin, dalam proses melelehkanya  kurang lebih di suhu 45 celcius lalu di tempering menjadi suhu 29 celcius lalu di panaskan sedikit menjadi suhu kurang lebih 31 celcius. inilah mengapa olahan patisery yang menggunakan cokelat couveture sangat mahal, karena couveture harus melalu proses tempering yang terbilang merepotkan dan tidak sembarang orang dapat melakukannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan