Mohon tunggu...
Doni Fernando
Doni Fernando Mohon Tunggu... Koki - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

📚Mahasiswa Penerima Beasiswa Kemndikbud RI Program Studi D4 Perhotelan STP Trisakti 🥉3rd Winner LKS 2019 of Patisserie and Confectionery di DI Yogyakarta "Blogging is hard because of the grind required to stay intresting and relevant"

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

3 Macam Meringue untuk Butter Cream, Belajar Baking

10 September 2021   22:27 Diperbarui: 10 September 2021   22:37 188 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Halo Teman-teman baking!!! Gimana kabar kalian? sehat kan, perkenalkan nama saya Doni Fernando Mahasiswa STP Trisakti D4 Perhotelan 2019 sekaligus Penerima Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud Republik Indonesia.

Hari ini aku bakalan kasih tau 3 macam meringue butter cream, siapa sih yang gatau meringue ? Meringue adalah campuran putih telur dan gula yang dikocok hingga mengembang putih seperti busa halus. Meringue biasanya di gunakan sebagai untuk menghias cake ataupun step dalam mebuat produk pastry.

Ada tiga teknik dalam mengocok meringue teknik pertama ada France Meringue, kedua ada Italian Meringue, dan ketiga ada Swiss meringue, walapun berbeda teknik bahan yang di pakai tetap sama ya yaitu gula dan putih telur. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan jadi penggunaanya bisa di sesuaikan keinginan dan selera kalian ya, langsung aja yang pertama

France Meringue

Menurut ku french meringue paling mudah di buat karena hanya membutuhkan bowl dan mixer saja selama proses pembuatan. Karena dalam proses pembuatanya yang mudah french meringue tidak stabil di bandingkan meringue yang lain. 

karena jika terlalu sering di aduk meringgue mudah cair kembali. Biasanya agar tidak terlalu mudah mencair kembali bisa di akali dengan menambahkan Cream of Tartar atau perasan lemon agar lebih kokoh. Tetapi penggunaan Cream of tartar yang berlebihan dapat menyebabkan kering pada pembuatan kue.

Italian Meringue

Menurut ku italian meringue sedikit merepotkan untuk di buat, di karenakan kita harus membuat syrup gula terlebih dahulu. Untuk membuat Italian Meringue kita perlu memasakn gula dan air hingga 110-115 derajat celcius lalu di tuang ke putihtelur yang sudah start dikocok saat suhu 110 celcius. diaduk hingga panas menghilang. 

Walaupun sedikit merepotkan teknik ini bisa di bilang sangat stabil danterbilang anti membuat produk kita menjadi gagal contohnya dalam membuat macaroons. Kelebihan teknik ini adalah warna meringue yang lebih shine, teksture kokoh, dan sangat stabil.

Swiss Meringue

Teknik ini merupakan teknih yang paling mudah di gunakan dan di andalkan. Pembuatan yang terbilang mudah jika di bandingkan dengan teknik yang lain. Cara membuatnya hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut lalu di panaskan dengan teknik  au bain marie sampai bulir gula larut dan telur matang/ suhu 45-50 derajat celcius. 

Lalu di kocok dengan mixer hiangga soft peak dan shine. Akan tetapi teknik ini mudah sekali gagal jika teknik au bain marie tidak benar seperti mangkuk untuk bain marie terlalu panas, air mendidih, dan saat proses au bain marie tidak di aduk sehingga putih telur menjadi terlalu matang.

Itulah tiga teknik dalam pembuatan meringue dan selanjutnya di bawah ini akan membahas bagaimana menggunakan meringue tersebut untuk membuat butter cream yang lembut...

1. France teknik

setelanh membuat meringue pastikan buter yang di guanakan dalam keadaan suhu ruang, shingga saat pencampuran buter dan meringue mudah tercampur dan tidak butter tidak menggumpal. Dalam pembuatan Butter dalam teknik ini kita bisa menambahkan SKM dan Vanila paste agar rasa tidak amis

2. Italian Meringue

Sama seperti yang lainya selalu gunakan butter suhu ruang agar mudah dalam pengadukan, setelah meringue yang di aduk tidak terlalu panas masukan buter perlahan hingga habis . Mixer hingga mengembang dan buter menjadi putih pucat dan shine.

3. French Meringue

Pastikan bowl meringue tidak panas , lalu diamkan buter di suhu ruang lalu aduk hingga tercampur rata tanpa gumpalan. Campur hingga mengembang dan pucat. Teknik ini tidak di sarankan untuk di simpan di chiller dikarenakan gampang mengerass dan tidak bisa di aduk kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan