Mohon tunggu...
Doni Febriando
Doni Febriando Mohon Tunggu... Kompasianer Newbie

Hanya seseorang yang biasa-biasa saja tapi telah menemukan kebahagiaan.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Jika Seluruh Kru Tak Pernah Ketemu Luffy, Kenapa Hanya Usopp dan Nami yang Disebut Bisa Tewas?

26 Mei 2020   13:31 Diperbarui: 26 Mei 2020   13:43 13424 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Seluruh Kru Tak Pernah Ketemu Luffy, Kenapa Hanya Usopp dan Nami yang Disebut Bisa Tewas?
www.greenscene.co.id

Armada bajak laut Topi Jerami saat ini bisa dibilang merupakan kru bajak laut terkuat non-yonkou. Sebab, saat ini, armada bajak laut Topi Jerami meskipun berjumlah 11 orang saja, nilai bounty mereka sudah menembus angka 3.161.000.100 belly.

Armada bajak laut Topi Jerami saat Armada bajak laut Topi Jerami saat ini memang bisa dibilang merupakan kru bajak laut terkuat non-yonkou. Bagaimana tidak, di serial manga One Piece, dikisahkan bahwa satu tingkat di bawah pas level yonkou (Empat Kaisar Bajak Laut) adalah level shichibukai (Tujuh Dewa Bajak Laut).

Di tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Jika Kurohige Bisa Jadi Shichibukai Lalu Jadi Yonkou, Kenapa Takanome Mihawk Tidak Bisa?", saya telah menuliskan bahwa perbedaan yonkou dengan shichibukai cukuplah besar, yakni perbedaan level kekuatan dan perannya bagi dunia. Itulah yang menyebabkan Takanome Mihawk selalu gagal menjadi seorang yonkou, dan belasan tahun menjadi shichibukai. Takanome Mihawk baru layak disebut Kaisar Bajak Laut jika ia sudah di level mulai ditakuti Angkatan Laut dan memiliki wilayah teritorialnya sendiri.

Kenapa Takanome Mihawk mulai ditakuti? Ketika para Admiral sebagai pimpinan puncak Angkatan Laut yang mana dianggap prajurit terkuat di Angkatan Laut mulai tidak berani menangkapnya. Bisa kita lihat sendiri kampung halaman Takanome Mihawk disergap pihak Angkatan Laut pasca Pertemuan Reverie.

Di pertempuran Marineford terlihat jelas kenapa Shirohige dijuluki sebagai yonkou. Admiral Akainu yang disebut-sebut orang yang paling kuat di Angkatan Laut sekalipun dihajar hingga babak belur oleh yonkou Shirohige.

Tapi jangan salah, meski saat ini armada kecil bajak laut Topi Jerami sangatlah kuat, siapa sangka itu semua adalah karena mereka berkembang dan disokong oleh sang kapten, yakni Mugiwara no Luffy.

Siapa sangka ternyata banyak anggota kru bajak laut Topi Jerami pada mulanya sangat lemah, bahkan hanya segelintir anggota kru yang saat bergabung dengan Luffy sudah matang sebagai petarung. Hanya sosok Brook, Nico Robin, dan Jinbei yang saat bergabung dengan Luffy sudah memiliki kekuatan tempur yang besar. Bahkan, Jinbei sendiri adalah seorang shichibukai yang memiliki bounty sangat tinggi---yakni 438.000.000 belly---dan meninggalkan jabatan itu demi bergabung dengan Luffy.

Masa lalu Usopp dan Nami

Rata-rata kru Topi Jerami saat ditemukan Monkey D. Luffy adalah saat mereka sedang kondisi masih lemah dan terjepit. Plotnya hampir selalu begitu. Ketika mereka sudah merasa tak berdaya lagi, sosok Monkey D. Luffy hadir di kehidupan mereka dan menyelamatkan hidup mereka, lalu mengajak mereka naik kapal untuk jadi anggota grup bajak laut.

Tapi, menurut analisa saya, di antara mayoritas kru yang direkrut saat kondisi terjepit, yang benar-benar bisa tewas jika tidak pernah bertemu Monkey D. Luffy adalah Usopp dan Nami saja. Sebab, kemungkinan besar Zorro hanya akan dipukuli oleh pihak Angkatan Laut dan dimasukkan ke Impel Down level 1---mengingat saat itu Zorro masih lemah bahkan untuk ukuran East Blue.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x