Mohon tunggu...
Doni Febriando
Doni Febriando Mohon Tunggu... Kompasianer Newbie

Hanya seseorang yang biasa-biasa saja tapi telah menemukan kebahagiaan.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Tutorial 7 Langkah Membangun Masjid Mandiri di Rumah dengan Biaya Murah

27 April 2020   08:54 Diperbarui: 27 April 2020   08:54 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tutorial 7 Langkah Membangun Masjid Mandiri di Rumah dengan Biaya Murah
www.kompas.com

Tengah malam ini saya tiba-tiba ingin merenung. Banyak aksi pencegahan yang telah dilakukan oleh pemerintahan dan lembaga swadaya masyarakat untuk mecegah penyebaran virus corona, bagus-bagus, tapi saat melihat realita sehari-hari saya jadi speechless. Saya khawatir bulan Ramadhan menggagalkan semuanya: tembus satu juta orang Indonesia terinfeksi virus corona.

Saya khawatir karena mengamati prilaku masyarakat pra Ramadan. Saya tidak habis pikir saat baca berita suatu kampung sepakat mengelabui polisi saat polisi meninjau masjid, sembunyi di lantai 2 bangunan, lalu segera memulai sholat Jum'at berjama'ah setelah polisinya pergi.

Sebelum bulan Ramadan saja begitu, lalu mau jadi apa saat bulan Ramadan tiba?

Saya berpikir cukup lama kenapa hal-hal semacam itu bisa terjadi. Saya setuju dengan Pak Luhut Binsar Panjaitan dan Pak Prabowo Subianto bahwa Pemerintah Pusat sudah fokus dan bekerja menekan laju penyebaran virus corona di Indonesia. Saya rasa Pemerintah Pusat tidak kurang-kurang sosialisasi tentang bahayanya virus corona.

Di saat wabah penyakit seperti ini, seharusnya masyarakat mengurangi kegiatan kumpul-kumpul, sekalipun itu di masjid. Mengingat sifat dari virus corona adalah eksponensial. Bahasa gampangnya, cepat melipatgandakan dirinya, sehingga jumlah korbannya tidak memakai grafik linier, tapi curva.

Bahasa gampangnya sifat eksponensial adalah begini... Di hari 1 ada jumlah pasien 3. Di hari 2 ada jumlah pasien 6. Di hari 3 ada jumlah pasien 12. Dan seterusnya...

Di hari ke-10 jumlah pasien ada 1344 orang.

Lalu pertanyaannya di hari ke berapa wilayah itu jumlah korbannya sudah mencapai 500 orang?

Hari ke berapa?

Jawabannya anda salah.

Bukan di hari setengahnya 10, tapi...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x