Mohon tunggu...
Donky don
Donky don Mohon Tunggu... Takj pernah menemukan jalan keadilan

aquarius

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Efisiensi Persiapan Terbang: Tip Persiapan di Bandara Internasional

10 Juli 2020   15:34 Diperbarui: 10 Juli 2020   15:38 45 7 0 Mohon Tunggu...

ketika saya ssduah lama tidak menjumpai seorang kawan waktu kuliah di sastra unggris di sebuah Universitas ternama dulu , aku menemukan tulisannya menarik untuk kita cermati dan dibagikan sebagai pengalaman kita , Karena setipa mulai bangun Pagi, pergi dari rumah, baik jauh maupun dekat, saya selalu menulis.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan saat dibukukan saya bisa menulis 100 halaman buku dalam satu hari. Terutama tulisan ringan tentang perjalanan. Namun, akhir-akhir ini karena banyak sekali kesibukan yang harus di urusi, kebiasaan menulis sementara bergeser menjadi kebiasaan yang lain. Tentu saja yang tidak kalah pentingnya. Menulis itu penting tetapi kadang hidup ini harus mempertimbangkan prioritas untuk yang lain

dari  mancanegara, kali ini  akan berbagi tips kepada teman-teman yang mungkin belum pernah sama sekali melakukan perjalanan perjalanan ke luar negeri, baik dalam rombongan, apa lagi sendirian seperti yang  kita   lakukan saat.

Sebenarnya melakukan perjalanan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat terbang sama dengan melakukan perjalanan-perjalanan yang lain di dalam negeri. Hanya saja, ada beberapa prosedur yang harus dilewati, dan tentu tingkat kerumitannya sedikit agak lebih tinggi. Ini berlaku baik ketika kita memasuki area penerbangan internasional di negara sendiri maupun di negara orang lain.

Contoh, mungkin bagi teman-teman yang biasa melakukan perjalanan domestik lewat bandara, adalah hal biasa bila sebelum melakukan penerbangan kita harus melewati beberapa kali scanning, dari sebelum memasuki terminal keberangkatan hingga mencapai gerbang ruang tunggu keberangkatan, sesaat sebelum boarding. Hal yang sama pun terjadi pada perjalanan melalui penerbangan internasional.

Namun, dalam penerbangan internasional tata cara scanning masing-masing negara bisa saja berlainan. Ada yang harus mencopot sepatu dan dompet, mengeluarkan laptop dan gadget dari tas, dan lain-lain. Semua tergantung peraturan dan alat yang digunakan.

Yang paling penting justru bagaimana kita bisa memanage waktu dengan baik sehingga segala urusan terkait dengan penerbangan bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan perjalanan internasional yang mungkin bisa menjadi tambahan informasi bagi teman-teman.

Pertama, pastikan ticketing kita beres. Pembelian tiket boleh jadi melalui agensi yang mengurusi perjalanan kita di negara lain, namun seringkali kita sendiri yang harus melakukannya. 

Jika yang mengurusi adalah agency tentu menjadi lebih mudah, tetapi jika yang mengurusi adalah kita sendiri maka kita membutuhkan sedikit pemikiran untuk mengatur strategi bagaimana agar penerbangan bisa lancar, efektif, efisien dan kalau bisa ekonomis. Beberapa layanan perjalanan online bisa menjadi pertimbangan untuk    mengatur strategi kita.

Kedua, pastikan waktunya cukup. Waktu terbaik untuk mulai berada di sebuah bandara internasional kisarannya adalah dua jam sebelum keberangkatan. Kalau perlu malah dua jam sebelum boarding. Waktu boarding biasanya bervariasi 30 sampai 40 menit dari keberangkatan pesawat. 

Waktu bisa menjadi lebih singkat atau lebih panjang untuk segala macam pemenuhan prosedur di dalam penerbangan internasional. Biasanya tergantung pada seberapa besar bandara tersebut. Jarak yang harus ditempuh untuk memenuhi prosedur dari satu titik ke titik yang lain sangat menentukan seberapa lama waktu yang digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x