Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Revolusi Beludru, Ilham Nama Minuman di Dongeng Kopi

4 Januari 2021   04:24 Diperbarui: 4 Januari 2021   05:08 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Barista Dongeng Kopi menuang susu pada pesanan beludru dadu panas

Saat pecah revolusi, banyak yang membayangkan selalu berkubang warna merah. Ada pertumpahan darah, tumbal dari perubahan, ada kesedihan yang laung berdengung di setiap peristiwa itu mencuat. Beberapa demikian, bukan berarti semua kan?

Jika revolusi selalu dibayangkan berwarna merah, sepertinya halaman buku yang dibuka kurang jauh.

Ada warna lembut juga yang tercatat sebagai transisi kekuasaan tanpa kekerasan yang dikenal dengan revolusi beludru di Cekoslovakia pada periode pergolakan antara akhir tahun 1989. Walau kemudian empat tahun berikutnya negara tersebut pecah menjadi dua bagian, pada 1 Januari 1993, setelah sebelumnya pernah disatukan saat bernama Czechia dan Slovakia menjadi Cekoslowakia 76 tahun silam. Beribukota di Praha Perjajian Pittsburgh, menjadikan Negara ini  resmi berdiri pada Oktober 1918.

Revolusi beludru diprakarsai oleh sastrawan, penyair, juga pemain teater, yang gemar minum kopi dan merokok hingga suaranya sangat khas sekali;
Vaclav Havel. Seniman yang juga aktivis dari cekoslowakia. Melalui gerakan yang ia pimpin, dunia mengenang tumbangnya rezim komunis totaliter dimana sejarah diubah dengan cara tersembunyi dan halus melalui kongres, pesta, dan seni pertunjukan di tahun 1989.

Perubahan yang lembut ini menginspirasi kami untuk memberi nama satu minuman lembut yang banyak disuka olah warga kerepdolan. Pelanggan-pelanggan Dongeng Kopi semua kalangan, pria wanita, anak-anak baik disajikan dalam segelas dingin maupun secangkir hangat. Red velvet.

Produk olahan ini dipercaya sudah ada sejak tahun 1800-an. Sebagai satu minuman di kedai Dongeng Kopi, pilihan menu selain ngopi saat di Jogja, Red Velvet adalah varian yang masuk dalam kategori Susu Kocok dan Krim Panas. Minuman yang bisa dipesan dalam berbagai kondisi. menyesuaikan cuaca. Kalau sedang panas dan gerah bisa dipesan bersama es agar segar seketika, saat udara sedang lembab bisa dipesan dalam secangkir panas. Diseruput perlahan, hangat seketika merambat. Sesuai namanya, rasa dengan warna khas merah lembut ini diciptakan dari berbagai bahan. Bahan-bahan tersebut antara lain ialah buttermilk, kakao, kopi, cuka, dan ekstrak buah bit. Kami memberinya nama Beludru Dadu. Nama alias sebagaimana semua nama produk kami di menu yang memiliki nama khusus sesuai dengan jalur dongeng yang kami ambil sebagai jalan jualan. 

Beludru Dadu di Dongeng Kopi  dikutip dari sini, kurang lebih mengandung beberapa hal per porsinya yang dirincikan sebagai berikut:

  •  Energi 1598 kj.
  • 382 kkal. Lemak.
  • 13,84g. Lemak Jenuh.
  • 8,385g. Lemak tak Jenuh Ganda.
  • 0,628g. Lemak tak Jenuh Tunggal.
  • 3,803g. Kolesterol.

Manfaat beludru dadu juga banyak. Minuman yang didominasi dengan komposisi susu ini berkhasiat membantu meningkatkan kepadatan tulang kita. Kandungan fosfor dalam susu, dapat membantu tulang tidak gampang keropos. Susu juga mengandung vitamin A. Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah kekebalan tubuh, atau imun. Artinya semakin sering memesan beludru dadu lantas menyesapnya tanpa sisa punya prosentase badan kuat terpelihara dan jauh dari virus. Kandungan di secangkir beludru dadu juga dapat merangsang produksi serotonin dan dopamin sehat untuk otak kita. Akibatnya, hormon kortisol kadarnya langsung melandai seketika, stres pun sirna. 

Bagi sebagian pelanggan Beludru Dadu juga pemantik perubahan yang lembut. Memecah kebuntuan ide, membawa lompatan kualitatif dengan senyap. Tanpa gegap gempita layaknya pasar malam atau pesta kembang api.

Ia hadir sebagai kawan sejati saat ilham padam, suluh api belum menyala. Ia menjadi pemula.


Kamu sudah mencobanya?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun