Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kedai Dekat Kampus UII Ada Dongeng Kopi

19 Desember 2020   19:58 Diperbarui: 19 Desember 2020   20:01 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dongeng Kopi saat Pertama Kali di Umbulmartani, Desember 2018. Sekarang sudah sangat hijau kiri kanannya (Dok. pribadi)

Jogja utara sebelumnya tidak banyak kedai kopi untuk pilihan menghabiskan waktu. Kebanyakan terkonsentrasi di bilangan Seturan, Babarsari, Gejayan dan Sekitarnya. Namun seiring dengan booming kedai kopi yang seperti cendawan di musim penghujan, Jogja utara kini ramai dengan pilihan menikmati kopi. Dari sekian kedai yang ada di Jogja bagian utara, kedai yang cukup kawakan ada Dongeng Kopi yang berada di dekat kampus pusat UII di jalan kaliurang KM 14. 

Kedai yang telah berusia sewindu di Oktober 2020 ini, tidak banyak berubah sejak pertama kali hadir di Pingit dulu. Sekilo dari tugu pal putih. Enam bulan beroperasi di Jalan Kyai Mojo, samping BRI Pingit, tempatnya sudah sarat muat sehingga memaksa pindah ke tempat yang lebih lapang hingga kemudian menempati tempat yang kedua di bilangan Gorongan. Belakang Kampus Pusat UPN Condong Catur. Bertahan hingga empat tahun, akhirnya Dongeng Kopi sekarang menetap di utara Jogja. Pada Kaki Merapi, dekat sekali dari kampus UII yang ada di Jalan Kaliurang. Sekitar 2,3 kilo saja. Kopi buku dan komunitas masih menjadi satu konsep yang begitu melekat bersama Dongeng Kopi. Di kedai yang berada di Desa Umbulmartani, terdapat Taman Baca, Toko Buku Alimin. Perpustakaan yang punya koleksi sekitar 900 an judul buku yang terdiri dari berbagai jenis. 

"Koleksi ini sebagian adalah koleksi pribadi sejak saya kuliah. Dulu mengasong buku di kampus, kalau dapat untung beliin buku lagi."

Ujar Renggo Darsono, Juru Cerita Dongeng Kopi menjelaskan. "Sebagian lagi sumbangan dari kawan-kawan pelanggan, sebagian lagi sumbangan dari penerbit, lembaga-lembaga non profit, kampus untuk pelengkap bacaan" lanjutnya.

"Kebanyakan  sumbangan dari pelanggan itu, kalau pada sudah kelar studi, bukunya daripada dibawa pulang, langsung dihibahkan ke Dongeng Kopi" terangnya soal asal muasal banyaknya koleksi Dongeng Kopi yang dinamai TB. Alimin. 

Selain bisa dibaca, di TB Alimin, ada deretan buku yang bisa dibeli dari berbagai penerbit. Meski kebanyakan terdiri dari bacaan sastra, sosial humaniora, tetapi menariknya ada juga buku-buku anak yang dijual.

"Sebagian besar kalau akhir pekan kunjungan kami itu didominasi oleh keluarga. Ibu, Bapak dan anak. Rata-rata pasangan usia muda. Jadi Ibunya dan Bapaknya menikmati cappucino, anak-anaknya memesan susu kocok. Bapak Ibunya baca, anaknya juga baca."

"Makanya kemudian kami bikin Rak Bintang Kecil. Pojok Koleksi baca untuk anak-anak. Lagi-lagi sebagian buah dari sumbangan para pelanggan"

"Kami memang sedang berupaya untuk mewujudkan sebagai kedai yang ramah anak" sambung bapak dua anak ini. 

Makanya, di Dongeng Kopi untuk merokok tidak bisa sembarangan. Ada ruangan khusus memang yaitu di sayap kanan dan sayap kiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun