Mohon tunggu...
Aqil Dirgantara
Aqil Dirgantara Mohon Tunggu... Jurnalis

Memungut kata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jose "The Special One" Mourinho dan Keluhannya di Hotspur

14 Januari 2020   22:42 Diperbarui: 14 Januari 2020   23:02 185 14 5 Mohon Tunggu...
Jose "The Special One" Mourinho dan Keluhannya di Hotspur
Sky Sport

JIKA  bicara tentang sosok Jose Mourinho, ada dua suku kata yang melekat pada dirinya. Apalagi kalau bukan " orang spesial" atau dalam bahasa inggrisnya adalah The special one.

Ya, sebutan The spesial one pada sosok pria asal Portugal ini tentu saja bukan hanya sebutan tanpa arti atau bahkan sebutan kosong.

Sebutan atau lebih tepatnya julukan tersebut melekat pada Mou (panggilan kecil Jose Mourinho) sebagai bentuk pengakuan terhadap kepiawaian dirinya dalam meracik sebuah tim sepak bola yang pernah dilatihnya.

Hampir semua tim yang pernah merasakan sentuhannya selalu dibawanya menjadi juara. Sebut saja, FC Porto pernah dibawanya menjadi juara Liga Portugal, Piala Portugal dan Piala UEFA tahun 2003. 

Sukses yang lebih besar datang pada tahun 2004 ketika Mourinho memimpin klubnya menjadi juara Liga Portugal lagi dan memenangkan gelar paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions.

Sukses bersama Porto, Mou melanjutkan pertualangannya dengan melatih tim Liga Primer Inggris, Chelsea. Bersama klub milik Roman Abramovich ini, Mou sukses menyabet juara Liga Primer dua tahun berturut-turut pada musim 2005 dan 2006 dan berbagai gelar domestik lainnya.

Selepas dari Chelsea, Mourinho ditarik untuk melatih klub Serie A Italia, Inter Milan. Di Nerazzur,i Mou meraih sukses besar dengan meraih treble winners pada tahun 2010.

Paska melatih Inter, Mou melanjutkan kiprahnya di La Liga Spanyol dan berlabuh di klub raksasa Negeri Matador itu, Real Madrid. Bersama Madrid, Mou mempersembahkan trofi Copa del Rey di musim pertamanya diikuti trofi La Liga di musim kedua.

Pada tahun 2013, Mourinho kembali lagi membesut Chelsea. Lagi-lagi pada musim 2014-2015 dia mampu meraih gelar juara Liga Primer Inggris.

Selesai dengan Chelsea malah menyebrang ke sesama klub Liga Primer Lainnya, Manchester United.

Meski tidak mampu membawa setan merah (julukan Manchester United), tapi Mou masih sanggup memberikan satu gelar Comunity shied, satu Piala Liga dan satu Piala Liga Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN