Mohon tunggu...
Don Eskapete
Don Eskapete Mohon Tunggu... karyawan swasta -

who am i?

Selanjutnya

Tutup

Bola

Eropa Kontra Amerika Latin di "Super Saturday" dan Jalur Menuju Final Ideal Piala Dunia 2018

30 Juni 2018   18:30 Diperbarui: 30 Juni 2018   18:42 695 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Eropa Kontra Amerika Latin di "Super Saturday" dan Jalur Menuju Final Ideal Piala Dunia 2018
sumber: bolarusia.kompas.com

Setelah 16 hari berlangsungnya penyisihan grup, babak knockout Piala Dunia 2018 akan dimulai Sabtu malam ini. Sebanyak 122 gol telah tercipta di fase grup, dengan beberapa drama karena adanya VAR -video assistant referee- yang baru diberlakukan di Piala Dunia edisi ke-21 ini.

Selain VAR, ada peraturan baru lainnya yang diberlakukan pada Piala Dunia 2018. Jika pada penyisihan grup setiap tim mendapatkan kesempatan melakukan 3 kali pergantian pemain, maka pada babak knockout akan ada bonus tambahan 1 kali pergantian.

Bila pada masa normal 2x45 menit belum ada pemenangnya, maka akan diberlakukan extra time atau babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Di babak extra time inilah pergantian pemain keempat boleh dilakukan oleh setiap tim. 

16 negara dari 3 benua yang lolos dari fase grup bersiap menunjukkan kemampuannya untuk melaju ke babak berikutnya. Delapan pertandingan digelar dalam 4 hari ke depan, yang berlangsung di 7 kota di Rusia. 

Tuan rumah Rusia masuk ke babak 16 besar ini bersama 6 juara dunia: Brazil, Argentina, Uruguay, Spanyol, Inggris, Perancis. Sementara juara dunia lainnya, Jerman harus menerima 'kutukan' sebagai juara bertahan yang tidak lolos dari fase grup.

Jepang sebagai satu-satunya wakil Asia yang tersisa akan mengharapkan keberuntungan di babak 16 besar ini. Lolosnya Samurai Biru ini sekaligus memupuskan harapan Afrika yang tidak memiliki wakil di fase knockout Piala Dunia 2018.

Super Saturday: Eropa vs Amerika Latin

Dua partai pertama yang berlangsung Sabtu ini akan mempertemukan dua benua yakni Eropa dan Amerika Latin. Juara grup C, Perancis akan bertemu dengan runner up grup D, Argentina. Sementara juara grup A, Uruguay bertemu runner up grup B, Portugal.

Pertandingan pertama antara Perancis dan Argentina akan berlangsung di Kazan Arena pada pukul 21.00 WIB. Di Kazan Arena ini sang juara bertahan Jerman kalah oleh Korea Selatan 0-2 dan terpaksa pulang lebih awal. Tempat inilah yang kembali akan memulangkan juara dunia lainnya pada babak 16 besar malam ini.

Dua juara dunia Perancis dan Argentina harus bertemu lebih awal karena 'kegagalan' Argentina untuk merebut puncak klasemen grup D. Argentina terseok-seok dan tampil dengan permainan yang kurang memuaskan.

Perancis adalah finalis dari dua piala dunia terakhir yang digelar di tanah Eropa. Tahun 1998 Perancis berhasil juara di negeri sendiri dengan menekuk Brazil 3-0. Sedangkan pada Piala Dunia di Jerman tahun 2006, Perancis dikalahkan oleh Italia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan