Pernahkah saudara-saudara menghubungi LAYANAN KONSUMENyangtercantum di kemasan suatu produk ? Saya pernah berikut ceritanya .
Sejak awal tahun , saya sudah mengeluh soal betapa cairnya Susu bendera kental manis (SBKM) Gold . Begitu cair , kalau kita menguncang-nguncang kalengnya akan terdengar seperti kitamenguncang soft drink .
Begitu cair, sampai langsung mengalirtidak lagi menetes saat di “ siram” diatas roti . Biasanya , satu kaleng SBKM itu cukup digunakan 4-6 hari .Dengantingkat kecairan yang tidak normal ini maka SKBM habisnya lebih cepatbisa 2-3 hari .
Mengingat menimbang maka saya putuskan untuk beralih keSBKM yang berlabel biru . Harga SBKM berlabel biru lebih murah dari Gold . Beda harga tapi saya dapati SKBM yang berlabel biru ini , ternyata lebih kental dari SBKMGold.
Sudah terbersit niat untuk menghubungi LAYANAN PEDULIyang tercantum di kemasan .Hmmmm tapi males ah paling gitu-gitu aja . kalau bermasalah atau gak suka , ganti sajamerek lain .Gitu aja kok repot !
Sampai kira –kita 3 bulan lalu di Mini Market langanan , bertemu dengan SPG SBKM . Pada Mbak SPG ,saya titip pesan untuk menyampaikan keluhan saya . Keluhan , nama dan nomor HP saya di catatnya . Cerita saya menguap , saya tak pernah di hubungi .
Semua baik-baik saja , sampaiRabu 9/07/2014 . Menjelang berbuka puasa , saya membuka SBKM berlabel biru . Kebetulan SBKM yang ini saya beli dalam perjalanan pulang dari luar kota .Cerita berulang , susu yang keluar cair bangir .
Hmmm mungkin lebih baik kalau saya sampaikan siapa tahu , info ini bermanfaat untukevaluasi produksi SBKM . Sebelum tidur , malam itu juga saya kirimkan e-mailke : layanan.peduli@frieslandcampina.com.
Kamis 10/07/2014 , Mbak-mbak di Layanan Peduli menelpon saya . Katanya susu kental manis yang baru di Produksi cendrung lebih cair .
Oh pleaseapakah saya harus “memeram” dulu susu kaleng yang saya beli sampai mencapai tingkat kekentalan yang saya inginkan .
BTWMbak kita yang ramah ini menjanjikan akan menghubungi Team Palembanguntuk menjemput SBKM yang bermasalah. Penjemputan akan di lakukan dalam 3 hari kerja , kemudian di periksa di Lab lalu hasilnya akan di sampaikan pada saya .
Kamis 10/07 dan Jumat 11/07beberapa orang dari kantor SBKMPalembang meminta alamat lengkap saya .Halah-halah dasar NATO NO ACTIONS TALK ONLY sampai hari ini Rabu 16/07/2014 tak ada satupun yang datang .
Ah mungkin saya hanya sebutir pasir dilautan konsumen SBKM . No BIG DEAL , saya gak mau beli lagi gak apa ……masih ribuan konsumen mereka .Kwk kwk kwk atau malah saya dikira cari gara-gara menjelang lebaran .
Hmmm mungkin kalau kita bikin isu lemak babi dan susu beracun baru mereka tangapidengan serius .
Untuk mengakhiri urusan cair bangir ini , saya kirimkan lagi E-mail kepada Mbak yang baik di layanan.peduli@frieslandcampina.com. Saya katakana bahwa SBKM yang saya simpan sudah 7 hari menunggu . Mungkin sudah tidak valid lagi jadi sample uji lab , jadi saya lenyapkan saja . Maka dengan segala hormat , saya sampaikan bye bye Susu Bendera .
Salam Puasa dari Palembang