Mohon tunggu...
Hendra Donal Silalahi
Hendra Donal Silalahi Mohon Tunggu... https://donalprediction.blogspot.com/

Org perikanan yg terdampar di bidang sosial, malah menyukai bola dan perkembangan militer... 😀

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Menanti Sosok Striker Murni Penerus Bambang Pamungkas

9 Juli 2020   06:00 Diperbarui: 14 Juli 2020   19:00 255 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanti Sosok Striker Murni Penerus Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas (Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Meskipun sepak bola adalah permainan tim, selalu ada pemain yang paling disorot di dalam tim, biasanya pemain berposisi striker. Dalam permainan sepak bola selain striker murni dikenal juga striker lubang, striker sayap, defensive striker dan lain lain. 

Tipe sriker yang diulas kali ini adalah striker murni, pemain yang hanya ditugaskan untuk mencetak gol dan tidak dituntut untuk bertahan ataupun menciptakan assist. Pemain ini juga lazim disebut dengan pemain di posisi 9 atau pemain bernomor punggung 9.

Seorang pemain yang berposisi striker murni potensial menjadi sorotan pada sebuah klub karena perannya sebagai pendulang gol menjadikan striker murni acapkali menjadi penentu sebuah kemenangan. 

Tidak mudah menjadi seorang striker murni, posisi ini membutuhkan seorang pemain dengan kualifikasi yang lengkap. Antara lain memiliki postur tinggi dan kokoh untuk berduel udara dan beradu badan dengan pemain belakang lawan, mempunyai pergerakan tanpa bola yang mumpuni, kemampuan membaca permainan, tendangan keras, dan yang paling penting mempunyai insting gol yang baik.   

Di luar negeri banyak nama beken yang bertugas sebagai striker murni, sebut saja Gabriel Batistuta, Christian Vieri, Luca Toni, atau El Phenomenon Ronaldo Luiz Nazario De Lima. Mereka ini merupakan contoh striker murni yang sekaligus menjadi produsen gol di timnya.

Di level lokal, bisa dijumpai nama seperti Ricky Yakobi, Widodo C Putro, Ilham Jaya Kesuma, Kurniawan Dwi Yulianto dan terakhir Bambang Pamungkas, merupakan striker murni yang pernah menghiasi jagad sepak bola Indonesia.

Seiring perkembangan taktik permainan, memang makin jarang kita jumpai pemain yang berposisi sebagai striker murni. Banyak klub besar yang bermain di level tertinggi Benua Eropa, tidak memiliki pemain berposisi di jantung penyerangan ini.

Contoh paling anyar adalah juara Liga Inggris musim ini, Liverpool, malah sama sekali tidak mempunyai striker murni. Firminho, Mane, dan Mohammed Salah bukan striker murni. Dari tipikal permainan, mereka lebih cocok disebut defensive striker. Meskipun mereka berposisi striker, tetapi juga dituntut untuk mampu bertahan dan merebut bola. 

Tetapi, secanggih apapun taktik sepak bola, pada akhirnya setiap tim sepak bola pasti membutuhkan seorang pemain dengan spesialisasi mencetak gol ketika berada dalam situasi deadlock dan itu hanya didapatkan dari seorang pemain bertipikal striker murni. 

Selain karena perkembangan taktik permainan, kelangkaan pemain bernomor 9 ditenggarai akibat susahnya menemukan bakat baru yang berkepribadian egois. 

Prediksi Pertandingan Chelsea vs Norwich City

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN