Mohon tunggu...
TITIS PRIHATININGTYAS II
TITIS PRIHATININGTYAS II Mohon Tunggu... -

saya mahasiswa PGSD UNS KAMPUS VI KEBUMEN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modifikasi Strategi, Metode dan Teknik

3 Desember 2011   07:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:53 763
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk bersikap aktif, kreativ dan inovatif. Ini dituntut agar pembelajaran tidak terkesan datar datar saja. Jika pembelajaran dibuat semenarik mungkin, maka siswa akan tertarik mengikuti dan memahami dalam kegiatan belajar. Dalam suatu pembelajaran dibutuhkan suatu strategi, metode dan teknik. Metode dan teknik meruapakan bagian dari strategi. Strategi pembelajaran adalah interaksi antara guru dan siswa dalam rangka untuk mencapai tujuan belajar. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa. Teknik pembelajaran adalah cara untuk merealisasikan metode pembelajaran.

Dari strategi, metode dan teknik, guru dapat merealisasikan ketiga hal tersebut dengan tanda kutip, pemilihan strategi, metode dan teknik secara tepat dan sesuai dengan kondisi kelas. Pembaharuan perlu ada, dikarenakan untuk memajukan pendidikan. Fleksibel merupakan sifat dari pembaharuan. Maksudnya adalah, jika saat tersebut strategi, metode, dan teknik masih baik digunakan dan berefek baik kepada siswa, maka tidak perlu diadakan pembaharuan. Tetapi jika dirasa masih kurang, bahkan buruk, maka perlu diadakan suatu pembaharuan. Kondisi guru, siswa dan lingkungan tempat belajar juga sebagai penentu pembaharuan dapat terjadi. Tetapi selain ketiga kondisi tersebut, masih ada hal lain yang dipertimbangkan untuk membuat suatu pembaharuan.

Metode pembelajaran macamnya sangat beragam. Guru dapat menggunakan salah satu dari metode yang ada, bahkan dapat memadupadanakan metode yang ada sesuai kebutuhan kelas. Begitu juga dengan teknik. Guru juga dapat memilih salah satu teknik yang sesuai dengan kondisi pembelajaran pada saat itu, tetapi juga dapat memadukan dari beberapa teknik. Pemilihan metode dan teknik serta strategi yang tepat diupayakan agar pembelajaran daoat berjalan menyenangkan dan tidak membuat siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti KBM.

Dapat disimpulkan, pembaharuan dapat dilaksanakan jika kondisi pada saat itu perlu diadakan pembaharuan. Tetapi jika dirasa masih baik, maka tidak perlu diadakan pembaharuan. Banyak aspek yang dipertimbangkan dalam menentukan pembaharuan. Jadi tidak boleh hanya dilihat dari suatu aspek saja. Terima kasih, semoga bermanfaat. ^^

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun