Mohon tunggu...
TITIS PRIHATININGTYAS II
TITIS PRIHATININGTYAS II Mohon Tunggu... -

saya mahasiswa PGSD UNS KAMPUS VI KEBUMEN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

FAKTOR HEREDITAS DALAM PERKEMBANGAN ANAK

25 Oktober 2010   04:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:07 948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Wingdings; panose-1:5 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:2; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 268435456 0 0 -2147483648 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1073750139 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} p.ListParagraph, li.ListParagraph, div.ListParagraph {mso-style-name:"List Paragraph"; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:10.0pt; margin-left:.5in; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} p.ListParagraphCxSpFirst, li.ListParagraphCxSpFirst, div.ListParagraphCxSpFirst {mso-style-name:"List ParagraphCxSpFirst"; mso-style-type:export-only; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:0in; margin-left:.5in; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} p.ListParagraphCxSpMiddle, li.ListParagraphCxSpMiddle, div.ListParagraphCxSpMiddle {mso-style-name:"List ParagraphCxSpMiddle"; mso-style-type:export-only; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:0in; margin-left:.5in; margin-bottom:.0001pt; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} p.ListParagraphCxSpLast, li.ListParagraphCxSpLast, div.ListParagraphCxSpLast {mso-style-name:"List ParagraphCxSpLast"; mso-style-type:export-only; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:10.0pt; margin-left:.5in; mso-add-space:auto; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:595.45pt 841.7pt; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} /* List Definitions */ @list l0 {mso-list-id:478689983; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:2029829082 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l0:level1 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; text-indent:-.25in; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} @list l1 {mso-list-id:1903371528; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:777150234 1446036108 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715 67698703 67698713 67698715;} @list l1:level1 {mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:.75in; text-indent:-.25in; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} @list l2 {mso-list-id:1925532042; mso-list-type:hybrid; mso-list-template-ids:307293512 67698697 67698691 67698693 67698689 67698691 67698693 67698689 67698691 67698693;} @list l2:level1 {mso-level-number-format:bullet; mso-level-text:; mso-level-tab-stop:none; mso-level-number-position:left; margin-left:1.25in; text-indent:-.25in; font-family:Wingdings;} ol {margin-bottom:0in;} ul {margin-bottom:0in;} -->
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:"Table Normal";
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:"";
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:"Times New Roman";}

FAKTOR HEREDITAS DALAM PERKEMBANGAN ANAK

Faktor hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan anak. Dalam hal ini hereditas diartikan sebagai suatu totalitas karakteristik individu yang di wariskan orang tua kepada anak atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi sebagai pewarisan orang tua melalui gen – gen. Penurunan sifat – sifat dari orang tua menganut prinsipreproduksi , Konformitas,Variasi, dan regresifillial. Warisan – warisan keturunan dari bapak , ibu,kakek , nenekyang tidak dapat direkayasa adalah sebagai berikut :

1.Bentuk tubuh dan warna kulit

Sebagai contoh dari pewarisan bentuk tubuh dan warna kulit adalah misalnya da anak yang memiliki rambut kriting , maka bagaimanapun dia mengusahakan agar tidak kriting , akan kembali kriting. Selain itu jika da seorang anak yang memiliki bentuk tubuh gemuk seperti ibunya , maka dia akan sukar untuk menjadi kurus , tetapi sedikit makan saja anak tersebut bisa bertambah gemuk.

2.Sifat – sifat

Sifat – sifat merupakan hal yang di wariskan dari orang tua ataupun kakek dan nenek. Misalnya adalah sifat boros , kikir , penyabar , hemat. Sifat sangat berbeda dengan kebiasaan , sifat sangat sukar dirubah , sedangkankebiasaan dapat dirubah jika ada suatu niat yang sungguh – sungguh. Bagi pendidik , jika mengetahui sifat atau watak secara mendalam akan sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya adalah anak yang minder perlu di bangkitkan semangatnya dan kepercayaan dirinya agar jiwanya tak tertekan.

3.Intelegensi

Istilah intelegensi berasal dari kata latin Intelligence yang berarti menghubungkan atau menyatukan satu sama lain (walgoti, 1997). Sehingga dapat diartikan pula , intelegensi adalah kemampuan yang bersifat umum untuk mengadakanpenyesuaian terhadap situuasi dan masalah. Intelegensi seseorang dapat di ketahuisecara tepat dengan tes intelegensi. Ukuranintelegensi dinyatakandalam IQ (intelegensi Quotient)

4.Bakat

Bakat adalah kemampuan khusus yang menonjol diantara berbagai jenis kemampuan yang dimiliki seseorang. Kemampuan khusus itu biasanya adalah suatu keterampilan, misalnya dalam bidang seni musik , seni rupa , seni tari , dsb. Jika anak memiliki bakat dari orang tuanya atau kakeknya ataupun neneknya , tetapi anak tersebut tidak dapat atau tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkannya maka bakat tersebut tidak akan berkembang atau sering di sebut dengan bakat terpendam. Pada umumnya anak memiliki bakat apa akan di ketahuin oleh orang tuanya sejak kecil , karena anak tersebut akan senang melakukan hal tersebut . Nah , dalam pendidikan , jika anak mendapatkan nilai 9-10 pada suatu mata pelajaran , berarti dapt di simpulkan bahwa anak tersebut memilki bakat pada bidang ilmu tersebut.

5.Penyakit

Ada penyakit yang merupakan pembawaan sejak lahir yang dapat memperlambat perkembangan anak. Penyakit tersebut antara lain adalah penyakit kebutaan , syaraf , hemofilia. Penyakit – penyakit tersebut merupakan suatu penyakit keturunan.

FAKTOR LINGKUNGAN

Lingkungan adalah keluarga yang mengasuh & membesarkan anak,sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat anak bergaul , dan keadaan sekitar dengan iklimnya , faunanya dan floranya. Lingkungan memiliki faktor yang penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak , karena setiap hari yang di lihat dan dihadapi adalah lingkungan. Lingkungan akan mempengaruhi seseorang bergantung pada keadaan lingkungan anak itu sendiri, jasmaninya serta rohaninya.

1.Keluarga

Keluarga memilki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, karena keluarga adalh tempat diasuh dan di besarkannya seorang anak.Anak yang dibesarkan dalam keluarga yang mapan dan mampu maka akan memiliki kesehatanyang baik serta pertumbuhannya yang cepat bila dibandingkan dengan anak yang di besarkan dalam keluarga yang tidak mampu. Selain itu. Anak yang memilki orang tua yang berpendidikan , maka akan menghasilkan anak yang berpendidikan pula.

2.Sekolah

Sekolah merupakan pendidikan formal yang didapatkan anak, yang mana secara sistematis melaksanakanprogram bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa mengembangkan potensinya baik yang menyangkut aspek moral – spiritual , intelektual , emosional maupun sosial. Anak yang tidak pernah bersekolah , akan memiliki keterbatasan dalam ilmu yang dimilki. Anak yang bersekolah , akan memiliki wawasan yang luas , dan memiliki cara pandang dan berfikir yang berbeda dengan anak yang tidak pernah merasakan bangku sekolah. Karena di sekolah anak dapat mengembangkan bakatnya , serta dapat belajar berbagai ilmu pengetahuan.

3.Masyarakat

Masyarakat adalah lingkungan tempat tinggal anak. Kondisi orang – orang di lingkungan sekitar anak juga mempengaruhi perkembangan anak. Anak yang di lahirkan di kota , akan berbeda pemikirannya dengan anak yang dilahirkan di desa. Anak kota umumnya bersifat aktif dan dinamis , sedangkan anak desa umunya lamban dan statis. Keadaan yang berbeda dari anak desa dan kota itu disebabkan karena lingkungan masyarakat desa dan kota berbeda.

4.Teman sebaya

Perubahan dalam sturktur masyarakat menyebabkan pengaruh peran teman sebaya menjadi sangat penting. Perubahan struktur itu antara lain :

vPerubahan struktur keluarga, dari keluarga besar ke kecil.

vKesenjangan antara generasi tua dan muda.

vEkspansi jaringan komunikasi diantara kaula muda.

vPanjangnya masa memasuki masyarakat orang dewasa.

Aspekkepribadian remaja yang berkembang secara menonjol dalam pengalamannya bergaul dengan teman sebaya adalah social cognitium dan Konformitas.

5.Keadaan alam sekitar

Keadaan alam sekitar juga mempengaruhi keadaan anak . Anak daerah pegunungan cenderung akan bersifat lebih keras dari anak daerah pantai.Perbedaan tersebut adalah akibat dari keadaan alam sekitar anak tersebut yang berbeda, yang mana dapat mempengaruhi perkembangan pola pikir atau kejiwaan anak.

Antara hereditas dan lingkungan terjadi saling keterkaitan dan terjadi interaksi. Setiap factor hereditas berjalan berbeda – beda menurut keadaan lingkungan masing – masing. Hereditas dan lingkungan memilki peran yang sama pentingnya dalam perkembangan dan pertumbuhan anak .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun