Mohon tunggu...
Don Zakiyamani
Don Zakiyamani Mohon Tunggu... Penikmat Kopi Senja

Sedang mengelola media belumtitik.com dan personal web https://www.donzakiyamani.co.id Wa: 081360360345

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Jokowi Harus Terima Kasih pada Prabowo

29 Juni 2019   06:26 Diperbarui: 29 Juni 2019   07:00 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jokowi Harus Terima Kasih pada Prabowo
beritatagar.id

MK sudah memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan kuasa hukum Prabowo-Sandi. Itu artinya pasangan Jokowi-Ma'ruf sah akan segera dilantik. Namun hendaknya Jokowi berterima kasih pada Prabowo. 

Pertama, Prabowo merupakan aktor yang mendorong Jokowi sebagai calon Gubernur berpasangan dengan Ahok (2012). Kedua, selama Jokowi menjadi Presiden, Prabowo tidak melakukan manuver politik. Ia lebih banyak diam kecuali jelang pilpres 2019.

Selanjutnya, Prabowo dengan besar hati menghimbau pendukungnya agar kembali ke rumah saat konflik 21-22 Mei. Padahal bisa saja kerusuhan itu dijadikan momentum bagi Prabowo untuk melakukan yang inkonstitusional. 

Namun Prabowo malah mengimbau pendukungnya untuk kembali ke rumah masing-masing. Prabowo memilih melakukan gugatan melalui MK, sebuah jalan konstitusional.

Jokowi juga harus berterima kasih karena kehadiran Prabowo telah meningkatkan pemilih sangat signifikan. Lihatlah bagaimana antusiasnya pemilih tahun ini dibandingkan pilpres sebelumnya. 

Gairah berdemokrasi yang tinggi, muncul pula penulis-penulis yang dengan narasinya menambah dinamika perpolitikan nasional. Media sosial juga telah bertambah fungsinya, bukan lagi tempat curhat semata. 

Pada akhirnya tingkat membaca semakin meningkat. Para pendukung capres rajin membaca propaganda, opini, hingga hoaks yang dikemas serasional mungkin. Karenanya Jokowi harus berterima kasih pada Prabowo dan salah satunya dengan tidak melibatkan Prabowo dalam pemerintahan. Biarkan oposisi tetap hidup sebagai mitra pemerintah. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x