Mohon tunggu...
Dominikus TheolaSuyoto
Dominikus TheolaSuyoto Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

......

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Capital Structure? Arti, Fungsi, Teori, Faktor dan Cara Menghitungnya!

7 Desember 2022   13:12 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:21 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagi kalian yang bergelut di dunia Business Terutama kalian yang bekerja pada bagian keuangan dan manajemen sebuah perusahaan. pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Capital Structure, Capital structure adalah jumlah utang dan atau ekuitas yang digunakan oleh perusahaan untuk membiayai aktivitas operasional dan pembelian aset perusahaan. Dengan kata lain, capital structure digunakan sebagai alat bagi manajemen dalam mempertimbangkan dan menentukan pendanaan jangka panjang perusahaan.

tidak heran lagi jika capital structure memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap posisi keuangan perusahaan. dalam membangun dan mengembangkan perusahaan,perusahaan perlu mengatur modal yang dimilikinya dengan lebih baik. Nah, sebelum kita membahas lebih jauh lagi,tidak ada salahnya untuk kita memahami kembali pengertian dari capital structure, Fungsi capital structur, manfaat capital structure, teori capital structure dan cara menghitungnya. Yuk Kita simak pembahasan di bawah ini

Pengertian Capital Structure

capital structure atau struktur modal mengacu pada campuran sumber dana jangka panjang, seperti surat utang, utang jangka panjang, modal saham preferensi dan modal saham ekuitas termasuk cadangan dan surplus. (I. M. Pandey) 

capital structure adalah kombinasi dari efek utang dan ekuitas yang terdiri dari pembiayaan aset perusahaan. Pengertian lainnya, capital structure adalah perimbangan atau perbandingan antara modal sendiri dengan modal asing. (John J. Hampton)

Modal Dibagi Menjadi 2. yang dimaksud dari modal sendiri adalah ditahan dan kepemilikan perusahaan, sedangkan modal asing berupa utang jangka pendek maupun utang jangka panjang. 

Selain capital structure atau struktur modal, terdapat pula istilah struktur keuangan dan struktur aset. Perlu diketahui bahwa ketiganya memiliki pengertian yang berbeda. struktur keuangan adalah cara perusahaan membiayai aktivanya, yaitu dengan utang jangka pendek, utang jangka panjang, dan modal pemegang saham sehingga seluruh sisi kanan neraca memperlihatkan struktur keuangan. (Sartono 2004:238), Di sisi lain, struktur aset atau struktur kekayaan adalah perimbangan atau perbandingan baik dalam artian absolut maupun dalam artian relatif, antara aktiva lancar dengan aktiva tetap (Riyanto, 2011).

Fungsi Capital Structure 

Capital structure merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan. setelah kita mengetahui Apa sih itu Capital Structure? mari kita mengulik informasi lebih dalam mengenai capital structure. capital structure memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi perusahaan yang menjalankan bisnisnya. Fungsi Capital Structure :

  • Memaksimalkan Pengembalian

    Pengaturan moal yang dirancang dengan baik memberikan ruang lingkup untuk meningkatkan laba per saham sehingga dapat memaksimalkan pengembalian bagi pemegang saham ekuitas dan memulihkan biaya pinjaman.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun