Mohon tunggu...
Domenico Wisnu
Domenico Wisnu Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Solus populi suprema lex

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kesehatan Mental Juga Perlu Dijaga, Begini Caranya!

13 Oktober 2021   00:26 Diperbarui: 13 Oktober 2021   00:35 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi | Tim Mossholder | Unsplash

Karena terkadang untuk menjadi bahagia adalah membuat orang lain bahagia.

Di tengah hiruk pikuknya kesibukan entah sebagai mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga atau pemimpin sering kali kita melewatkan satu dua hal. Sulit bagi kita untuk menjaga semua hal tetap teratur ketika kita bekerja untuk bertahan hidup. Sering kali kita lupa bahwa kita hidup berdasarkan dua dimensi yang berbeda dan saling melengkapi.

Dimensi tersebut yakni dimensi jasmani (fisik) dan mental (rohani). Sebagian besar masyarakat lebih perhatian terhadap kesehatan jasmani dari pada kesehatan mental seseorang (termasuk dirinya sendiri). Memang, pokok pembahasan tentang kesehatan jasmani lebih jelas dan tidak abstrak.

Hal tersebut disebabkan faktor jasmani lebih terlihat dipermukaan. Seseorang yang sakit secara jasmani akan lebih mudah diidentifikasi karena gejalanya yang sangat jelas terlihat secara fisik. Tapi tidak bagi penyakit yang sifatnya mental (rohani) yang jauh lebih sulit untuk diidentifikasi.

Namun demikian, bukan berarti kesehatan mental tidak penting.

Dalam artikel ini, Anda tidak akan disajikan apa saja jenis penyakit mental namun lebih pada bagaimana cara menjaga kesehatan mental Anda. Simpan artikel ini jika perlu sehingga Anda dapat selalu membacanya kembali di lain waktu ketika Anda membutuhkannya.

Work, Life, Mental Health

Secara sederhana, seseorang yang memiliki mental yang sehat adalah mereka yang batinnya dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia).

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Di sisi lain, kesehatan mental sering kali tersingkirkan oleh karena kesibukan seseorang bekerja. Berangkat subuh bekerja, pulang larut malam, dan hanya menyisakan waktu secuil untuk bersantai atau setidaknya untuk merilekskan diri.

Sudah banyak kasus seseorang yang merasa terbebani dan stress karena pekerjaan mereka. Jika memang perusahaan tidak dapat mengurangi workload maka pekerja sangat disarankan mampu mengenali kemampuan tubuhnya sendiri dengan baik. Dengan begitu, dirinya tahu bagaimana harus memberikan treatment terhadap dirinya sendiri.

Berikut beberapa treatment yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan mental Anda!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan