Mohon tunggu...
Domenico Wisnu
Domenico Wisnu Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Solus populi suprema lex

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

7 Elemen Merancang Situs Digital, Dijamin Cetar Hasilnya!

20 September 2021   23:04 Diperbarui: 22 September 2021   14:45 83 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Elemen Merancang Situs Digital, Dijamin Cetar Hasilnya!
Sumber: Kaitlyn Baker | Unsplash | Ilustrasi Menulis Digital

Media cetak atau media analog konvensional memang tidak sepraktis media digital. Jika ingin membawa lebih banyak berita, seseorang perlu membawa beberapa eksemplar koran atau media cetak lain. Tidak seperti media digital yang dapat diakses dalam genggaman tangan—melalui smartphone.

Sebagian besar orang masih meyakini bahwa media cetak konvensional memiliki derajat kredibilitas yang lebih tinggi dari pada penerusnya, media digital. 

Proses panjang yang dilalui, mulai dari penulisan, penyuntingan, hingga penyetakan membuat media cetak lebih banyak menlalui proses pengawasan dan penyaringan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan pun lebih matang.

Namun demikian, dengan menerapkan beberapa elemen berikut, Anda dapat meningkatkan kredibilitas sebuah situs digital Anda. Menurut Brian Carol (2010, h. 28) Anda dapat meningkatkan derajat kredibilitas di mata pembaca dengan:

1. Easy-to-Use and Intuitive Site Navigation 
Pembaca ingin mendapatkan informasi yang dicari dengan cepat dan tepat. Sehingga buang bagian-bagian yang tidak penting dalam kolom situs digital Anda. Anda dapat memulai dengan merancang hierarki yang tepat bagi paragraph-paragraf dalam situs digital Anda.

2. User Friendly Site Design 
Sebagai pembaca, layar yang mereka tatap merupakan kanvas yang terbatas. Pembaca, sekali lagi, ingin segera menemukan informasi yang dicari. 

Oleh karena itu, hindari menggunakan spanduk iklan digital yang terlalu memenuhi ruang tulisan Anda. Jangan sampai iklan-iklan tersebut mengacaukan perhatian pembaca ketika mencari suatu informasi. 

Sumber: Daniel Korpai | Unsplash | Ilustrasi User Friendly
Sumber: Daniel Korpai | Unsplash | Ilustrasi User Friendly
3. High-Quality Graphics 
Brian Carol (2010, h. 29) mengatakan, “First Impressions online are important. People tend to determine the credibility of a site based upon how professional they think the site looks.” 

Secara jelas Brian Carol menyatakan bahwa tampilan adalah yang utama. Ketika seluruh visual berkualitas tinggi dan ditata dengan baik, situs digital Anda telah merepresentasikan situs profesional.

4. Good Writing 
Rancang konten Anda dengan menarik. Anda dapat menggunakan kata kerja (predikat) yang kuat hingga memperhatikan atas bias, plagiarisme, dan menggeneralisasi. Jika ingin tulisan dalam situs digital menarik, Anda dapat membaca selengkapnya di sini!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan