Mohon tunggu...
dola andikasari
dola andikasari Mohon Tunggu... wanita

tuhan tau mana yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Penyuluhan Penyakit Diabetes Melitus terhadap Masyarakat Desa Telaga Jaya, Kabupaten Karawang, Kota bekasi

4 Desember 2019   14:13 Diperbarui: 4 Desember 2019   14:18 53 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Apoteker angkatan 41 UTA 45

Jakarta. Abdimas (pengabdian masyarakat) ini merupakan salah satu tugas mata kuliah farmakoterapi terapan program studi Apoteker Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. 

Dalam rangka penerapan ilmu yang kami dapatkan selama pembelajaran farmakoterapi terapan kepada masyarakat desa telaga jaya untuk mengetahui permasalahan kesehatan

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2019 di desa telaga jaya kota bekasi. 

dokpri
dokpri
Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit kronis yang masih menjadi masalah utama dalam dunia kesehatan di Indonesia. DM adalah suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. 

Penatalaksanaan terapi pada pasien diabetes tidaklah dilakukan dalam jangka waktu yang singkat dan juga memerlukan kepatuhan pasien dalam terapi agar tidak terjadi kegagalan terapi. Kegagalan terapi sering disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman pasien tentang penggunaan obat untuk terapinya.

dokpri
dokpri
Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan pasien adalah memberikan pelayanan penyuluhan dengan melakukan kunjungan kerumah pasien yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan terapi obat. 

Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penyuluhan tentang Penyakit Diabetes Melitus untuk meningkatkan pengetahuan pada pasien dalam mencapai terapi obat DM, sehingga dapat menurunkan tingkat kegagalan terapi obat DM.

Dalam proses wawancara, dilakukan beberapa perkembangan pertanyaan untuk menunjang pemberian materi edukasi kepada pasien. Perkembangan pertanyaan tersebut dianggap penting untuk menggali informasi pasien, sehingga diharapkan outcome terapi pasien dapat tercapai.

dokpri
dokpri
Dengan pemaparan materi diabetes melitus diharapkan masyarakat desa telaga jaya dapat mengenali gejala gejala  penyakit tersebut dan cara pencegahan sejak dini.

Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa Apoteker dapat membantu permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat desa telaga jaya. Serta menghimbau masyarakat agar menjalani pola hidup sehat dengan kurangi gula,  perbanyak konsumsi minuman sehat turunkan berat badan,berhenti merokok dan olahraga rutin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x