Mohon tunggu...
Dokumentasi Lapas
Dokumentasi Lapas Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Instansi Pemerintah

Instansi Pemerintah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Puncak HDKD Ke-77, Lapas Lahat Gelar Upacara

19 Agustus 2022   20:36 Diperbarui: 19 Agustus 2022   20:40 108 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana upacara peringatan HDKD ke-77 di Lapas kelas IIA Lahat (dokpri)

HDKD Ke-77 Merupakan Upaya dan Komitmen Untuk Wujudkan Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK

Lahat, - Bertempat di Lapangan Olahraga, Keluarga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel bersama Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Sub Unit Lapas Lahat dan sejumlah Perwakilan dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Langsungkan Upacara Hari Bhakti Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM RI Ke-77 Tahun 2022. Jumat, 19 Agustus 2022.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel, Soetopo Berutu tersebut, merupakan tanda bahwa peringatan HDKD ke-77 telah sampai pada puncaknya.

Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu pimpin Upacara peringatan HDKD ke-77   (dokpri)
Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu pimpin Upacara peringatan HDKD ke-77   (dokpri)

Soetopo Berutu menyampaikan Amanat Menkumham RI bahwa Hari Dharma Karya Dhika yang ke-77 di tahun 2022 ini sangatlah berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan hari ini merupakan upacara perdana di tanggal 19 Agustus, yang sebelumnya HDKD di tahun-tahun yang lalu di laksanakan pada tanggal 30 Oktober setiap tahunnya.

"Perubahan tanggal pelaksanaan Hari Dharma Karya Dhika di atur dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021. Keputusan ini sekaligus Mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor M.06-UM.01.06 Tahun 1985 yang menetapkan tanggal 30 Oktober sebagai Hari Kehakiman Republik Indonesia," Ujarnya.

Soetopo Berutu saat bacakan amanat Menkumham RI Yasonna H. Laoly dalam upacara HDKD ke-77  (dokpri)
Soetopo Berutu saat bacakan amanat Menkumham RI Yasonna H. Laoly dalam upacara HDKD ke-77  (dokpri)

Kemudian Kepala Lapas Lahat tersebut melanjutkan bahwa Penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah, dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hukum pada tahun 2021 lalu, yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan.

"Penetapan Hari Lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi," Tambahnya.

"Pada Tahun ini Kementerian Hukum dan HAM RI dalam memperingati HDKD Ke -77 Tahun 2022 ini mengambil tema "Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK," Tandas Soetopo Berutu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan