Mohon tunggu...
Dr.Ari F Syam
Dr.Ari F Syam Mohon Tunggu... Akademisi, Praktisi Klinis,

-Staf Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM (@DokterAri) -Ketua Umum PB Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Mudik Sehat di Era Digital

30 Mei 2019   23:03 Diperbarui: 1 Juni 2019   17:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tips Mudik Sehat di Era Digital
Makanan Pilihan Saat Mudik (dokpri)

TIPS Mudik Sehat di era digital

Hari-hari ini adalah hari2 sebagian dari masyarakt untuk Mudik Lebaran. Aktifitas yang memang selalu harus dijalani berapa susanya untuk melakukan proses mudik tersebut. Tentu tujuan mudik adalah sampai di kampung halaman tepat waktu dan tetap dalam keadaan sehat. Mengingat banyaknya kendala yang dihadapi saat mudik, maka perlu beberapa hal yang harus dicermati oleh para pemudik. 

Pemberitaan saat ini sudah menunjukkan bahwa telah terjadi kecelakaan yang dihubungkan dengan kelelahan para pengemudi. Selain itu kemacetan2 sudah mulai dirasakan oleh pemudik. Oleh karena ada beberpa hal yang harus dipastikan agar mudik berjalan lancer. Adapun hal2 yang harus diperhatikan antara lain:
1. Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi

2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.

4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa diusahakan agar perjalanan mudik pada saat sehabis buka.

6. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made).

7. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan kering, jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan.

8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.

9.Jangan lupa membawa obat2 rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x