Mohon tunggu...
Mario Budi
Mario Budi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

BPJS Bukan Alat Pemuas Asuransi Kesehatan

9 Oktober 2017   17:47 Diperbarui: 9 Oktober 2017   17:58 618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Semenjak diberlakukannya BPJS mulai januari 2014 diIndonesia masi banyak pembenahan-pembenahan di BPJS baik dalam hal pelayanan maupun pembayaran dirumah sakit. namun dalam hal penerapannya muncul beberapa kasus salah satunya adalah asuransi BPJS kesehatan tersebut masi saja belum secara penuh memberikan pelayan baik dan pembayaran inabicis sesuai yang diharapkan.

Hal ini membuat peserta BPJS selalu dibebani dalam hal pemberian obat dan perawatan sperti :

1. BPJS kurang mengawasi obat-obatan yang tersedia dirumah sakit (sesuai ekatalog) sehingga pasien selalu membeli obat -obatan dikarenakan tidak tersedia di RS.

2. Hasil banyaknya pasien membeli darah di PMI dan pasien tidak diganti pembelian darahnya.

3. Alur rujukan yg terlalu berbelit-belit sehingga peserta BPJS merasa kurang diperhatikan

4. Dan lain sebagainya hal ini juga menimpa dokter yang telah merawat dengan sepenuh hati terhadap pasien BPJS, dimana diagnosa selalu berubah-ubah dengan prinsip pengklaiman yang serendah-rendahnya. ini menyebabkan dokter tidak lagi merawat sepenuh hati dikarenakan penerimaan BPJS tidak sesuai harapan berdasarkan inabicis.

BPJS harus lebih profesional dalam hal pelayanan dan pembayaran sehingga tidak merugikan peserta BPJS semakin hari semakin bertambah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun