Mohon tunggu...
Doharman Simamora
Doharman Simamora Mohon Tunggu... Guru - Guru

An English teacher who has a high passion in teaching English.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Pemahaman Kosakata Peserta Didik dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Word Mapping Technique dan Metode Pembelajaran Kooperatif

10 Desember 2022   11:36 Diperbarui: 10 Desember 2022   12:05 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi yang digunakan di seluruh dunia. Penggunaan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam beberapa bidang seperti kompetisi tingkat internasional, dalam bidang penerbangan, staff officer di kedutaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu Indonesia membuat subjek Bahasa Inggris untuk dipelajari di sekolah mulai dari tingkat TK hingga tingkat Universitas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan orang Indonesia dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Untuk mempelajari bahasa Inggris sendiri, beberapa yang yang penting dipahami yaitu kosakata salah satunya. Penulis, sebagai guru bahasa Inggris pun harus mampu membuat pendekatan pengajaran yang diformulasikan ke dalam bentuk strategi pembelajaran untuk peserta didik mampu mengingat terlebih memahami kosakata dalam bahasa Inggris tersebut. Word Mapping Technique adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan ketika hendak memahami kosakata dalam bahasa Inggris dengan memetakan informasi dalam bentuk grafis, lalu peserta didik juga dapat menurunkannya dengan bagian-bagian tertentu, misalnya membuat sinonim dan juga antonim dari kata tersebut.  Menurut Melvin L. Siberman, Mind Mapping merupakan langkah kreatif yang akan membantu seseorang dalam memproduksi banyak ide-ide menarik, memudahkan dalam mempelajari sesuatu hingga memudahkan dalam merencanakan berbagai penelitian untuk projek baru yang sedang ia jalankan. Melalui model pembelajaran ini pengajar ataupun guru maupun peserta didik dapat melakukan beberapa tahapan pembelajaran sehingga prosesnya terstruktur dan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

1. Pastikan peralatan sudah lengkap.

Peralatan di sini bisa seperti teks bahasa Inggris, lalu dapat menentukan kata-kata yang akan dipetakan. Pemetaan kata-kata tersebut dapat seperti sinonim dan antonimnya. Berikutnya adalah kamus, spidol, pena, pensil, pensil warna, kertas karton dan lain sebagainya.

2. Tentukan tema word mapping

Dengan menentukan rancangan word mapping yang menarik, kita juga akan lebih tertarik untuk memahami kosakata yang akan kita petakan.

3. Memulai dengan menempatkan tema besar/kata yang akan diturunkan ditengah - tengan lembar kerja.

Tujuan hal ini yaitu untuk memudahkan kita dalam menurunkan hal - hal apa saja yang akan kita ingin pahamai. Seperti sinonim, antonim dan juga kita bisa mencantumkan gambar supaya lebih mudah diingat. 

4.  Gunakan garis yang melengkung

Dengan garis melengkung ini, kita akan merasakan tidak cepat bosan ketika melihat ataupun membaca word mapping ini.

Setelah mengikuti tahapan-tahapan diatas kita bisa melanjutkan dengan membuat target perhari sehingga pemahaman kosakata akan meningkat, dan melatih untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun