Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ada Apa dengan Sabyan?

16 Juni 2019   07:57 Diperbarui: 16 Juni 2019   08:10 0 9 3 Mohon Tunggu...
Ada Apa dengan Sabyan?
Formasi Terakhir Sabyan Gambus, sumber foto insertlive.com 

Ada apa dengan Sabyan? Sepekan terakhir pertanyaan ini muncul di kalangan netizen pemerhati musik terutama penggemar Sabyan Gambus pasca mundurnya dua personel tetap dan tiga orang additional player dalam waktu yang nyaris bersamaan. 

Mundur berjamaah ini tentu saja memantik kabar dan praduga tak sedap tentang sebab musabab hengkangnya mereka dari grup musik gambus yang sedang berada di puncak popularitas itu.

Diawali mundurnya sang backing vocal Anisa Rahman dengan alasan ingin lebih konsentrasi berkarya di luar Sabyan Gambus. Tertangkap kesan ketika itu, Anisa ingin lebih serius bersolo karier sebagaimana diamini dan telah direstui oleh personel Sabyan Gambus yang lain. Anisa sudah tak tampil bersama Sabyan Gambus saat mereka show di Graha Cakrawala UM Malang (22/4/2019). 

Sehari sebelumnya, di Malang Anisa masih sempat menghadiri acara gathering dengan penggemar sekaligus berpamitan pada para fans Sabyan Gambus. Demikian pula di akun Instagram pribadinya, Anisa memposting video pamitan dan klarifikasi singkat mengapa ia mundur.

Konfirmasi dari Sabyan Gambus tentang mundurnya Anisa disampaikan sang leader, Ayus, pada launching album perdana mereka "Bismillah", Jum'at (3/5/2019). Disebutkan Ayus ketika itu bahwa Anisa Rahman keluar dan memutuskan untuk bersolo karier. 

Pernyataan tersebut kembali ditegaskan Ayus pada program "Salam Kilau Ramadhan" yang tayang di MNCTV, Minggu (5/5/2019), bahwa mereka tetap mendukung Anisa Rahman yang mengundurkan diri karena ingin bersolo karier.

Pertengahan Mei Anisa merilis video musik pertamanya sejak keluar dari Sabyan Gambus berjudul "Waqtu Sahar" di channel YouTube Not Tujuh, yang belakangan ternyata nama grup barunya. 

Video musik kedua berjudul "Ummi Tsumma Ummi" dirilis sehari sebelum lebaran, Selasa (4/6/2019), juga di channel YouTube Not Tujuh. Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, tepatnya Sabtu (15/6/2019) kembali ia dan grup barunya merilis video klip berjudul "Kekasih Hati" masih di channel YouTube Not Tujuh.

Setelah Anisa resmi mundur, awal Juni sang penggesek biola Tubagus Saifulloh alias TB juga ikut mengundurkan diri. Mundurnya TB cukup mengejutkan pasalnya beberapa hari sebelumnya ia masih ikut serta menjadi juri pada ajang pencarian bakat musik religi di salah satu stasiun TV swasta nasional. 

Bahkan ia juga masih nampang di video klip "Idul Fitri" yang dipublikasikan Kamis (30/5/2019) di channel YouTube Sabyan Channel. Tanda tanya muncul saat wajahnya tak nampak di poster promo "Konser Penyejuk Hati" yang dipublikasikan Rabu (12/6/2019).

Mundurnya TB juga diikuti oleh tiga orang additional player yang selama ini mengiringi penampilan Sabyan Gambus. Mereka adalah Deni pada bass, Ardi pada drum dan Ega sebagai gitaris. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8