Dody Kasman
Dody Kasman PNS

"Wong Ndeso" yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ketika Via Vallen Jawab Kritik dengan "Selow"

7 Desember 2018   05:58 Diperbarui: 7 Desember 2018   07:00 465 4 1
Ketika Via Vallen Jawab Kritik dengan "Selow"
Tangkapan Layar YouTube channel ascadamusik -

Seiring dengan semakin melejitnya popularitas Via Vallen sebagai salah satu pedangdut papan atas negeri ini, kritikan dan nyiyiran juga terus menyerangnya silih berganti. Dari kritikan yang menyebutnya penyanyi spesialis cover lagu orang lain, hingga yang terakhir dan terheboh perseteruannya dengan Jerinx, drummer grup punk Superman Is Dead (SID).

Tak sedikit yang mengkritik Via Vallen tak bisa menciptakan lagu dan hanya bisa menyanyikan ulang lagu orang lain. Bahkan Jerinx dengan terang-terangan menudingnya telah mengambil keuntungan dengan menyanyikan lagu hits SID "Sunset di Tanah Anarki" tanpa izin.

Jerinx sampai mengeluarkan kalimat tak pantas yang kemudian memancing komentar balasan dari Via Vallen. Meski kesal dengan tudingan Jerinx dan tersinggung dengan kalimat tak pantas yang dituliskan Jerinx pada komentarnya, sambil mengklarifikasi Via Vallen pun meminta maaf.

Tapi tak berhenti di situ. Setelah diklarifikasi oleh  Via Vallen bahwa ia sama sekali tak mengambil keuntungan dari menyanyikan lagu tersebut, Jerinx kemudian mengalihkan tudingannya dengan menyebut Via Vallen merusak ruh lagu dan tak paham makna lagu yang dinyanyikannya.

Di tengah segala kontroversi kritikan dan nyiyiran tersebut, Via Vallen terus melaju. Kritik pedas dan nyiyiran dari haters tak membuatnya berhenti berkarya. Berbagai pertunjukan baik off air maupun on air tetap dilakoninya. Yang terbaru, Via Vallen kembali menggebrak dengan single dan video musik terbarunya berjudul "Selow."

Video musik bertajuk resmi "Via Vallen -- Selow (Official Music Video)" itu pertama kali dipublikasikan oleh channel YouTube "ascadamusik" tanggal 4 Desember 2018. Seolah tak menghiraukan kritikan dan nyinyiran, kali ini ia kembali menyanyikan lagu orang lain. Dan seakan menjawab kritik tersebut, lagi-lagi ia membikin lagu orang lain yang dinyanyikannya itu menjadi hits dan semakin booming.

"Selow" memang bukan lagu ciptaan Via Vallen. Lagu yang diciptakan Nyonk ini pertama kali dipopulerkan oleh Wahyu dalam format pop reggae. Video musiknya yang berjudul "Wahyu -- Selow (Official Music Video) pertama kali dipublikasikan oleh channel YouTube Indo Semar Sakti tanggal 13 September 2017. Hingga artikel ini ditulis, video berdurasi 3 menit 38 detik itu  sudah ditonton lebih dari 15 juta kali.

Via Vallen juga bukan orang pertama yang menyanyikan kembali lagu ini. Sebelumnya Sudah ada beberapa penyanyi dan YouTuber yang membuat cover version seperti SMVLL yang menyanyikannya dalam versi reggae. Video musik "SMVLL -- Wahyu Selow COVER REGGAE" yang dipublikasikan tanggal 1 Oktober 2018 sudah ditonton lebih dari 790 ribu kali.

Duo YouTuber Aviwkila juga ikut membuat versi akustiknya dengan video musik "SELOW -- WAHYU (Live Acoustic Cover by Aviwkila). Video yang dipublikasikan channel YouTube Aviwkila tanggal 2 Nopember 2018 itu sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.

Bahkan YouTuber kreatif Kery Astina ikut membuat versi parody dengan video klip kocak dan lirik yang menggelitik. Video musik berjudul "Parody Wahyu -- Selow (Versi Ditikung) yang pertama kali dipublish tanggal 26 Nopember 2018 itu sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali.

Selanjutnya ada YouTuber Nadia Zerlinda featuring Deka SMVLL yang videonya di YouTube sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali sejak pertama kali dipublish tanggal 13 Nopember 2018. Putih Abu-Abu juga tak mau ketinggalan membuat cover dengan video musik yang dipublish di YouTube tanggal 18 Nopember 2018 dengan lebih dari 480 ribu views.

Setelah dinyanyikan kembali dalam berbagai versi, lagi-lagi Via Vallen menunjukkan kapasitasnya sebagai penyanyi yang mampu membuat lagu-lagu yang dibawakannya, termasuk "Selow," menjadi hits dan viral. 

Terbukti, hanya butuh waktu dua hari "Selow" versi Via Vallen berhasil menempati posisi 3 trending YouTube Indonesia. Hingga artikel ini ditulis, video berdurasi  3 menit 49 detik itu sudah ditonton lebih dari 2,3 juta kali dengan 84 ribu like dan lebih dari 18 ribu komentar.

Dirilisnya lagu terbaru kombinasi reggae dangdut dan hip hop ini mendapat respon positif dari penikmat musik utamanya para penggemar setia. Bahkan beberapa penyanyi papan atas seperti Rossa, Young Lex, Imey Mey dan Nurbayan ikut memberikan apresiasi positif pada single terbarunya itu.

Bukan pertama kali ini saja Via Vallen sukses memboomingkan lagu orang lain yang dinyanyikannya. Sebelumnya ia berhasil semakin meng"hits"kan single "Karna Su Sayang"nya Near dan Dian Sorowea dalam versi dangdut koplo yang memang sudah jadi spesialisasinya. 

Tak terhitung sudah berapa lagu hits yang dicovernya kemudian menjadi semakin viral. Sebut saja "Perfect" (Ed Sheeran), "God Is A Woman" (Ariana Grande) hingga "Ddu Du Ddu Du" (Black Pink).

Di single "Selow" ini Via Vallen kembali membuktikan kemampuannya melahap semua genre musik, tak terbatas dangdut. Meskipun dibuat bernuansa koplo, Via Vallen kembali unjuk kebolehan "ngerap." Dengan kekhasan vokal didukung kepiawaiannya mengenakkan lagu, kembali Via Vallen membuat lagu orang lain yang dinyanyikannya seakan lagunya sendiri.

Dirilisnya "Selow" di bawah label Ascada Musik Indonesia seolah menjawab kritikan bahwa Via Vallen sering menyanyikan lagu orang lain tanpa izin. Label rekaman sebesar Ascada tentunya tak akan begitu saja merilis lagu orang lain tanpa izin resmi terlebih dahulu. Kemungkinan besar lagu "Selow" sudah resmi "dibeli" Ascada untuk dinyanyikan kembali dalam versi baru oleh Via Vallen.

Hal serupa pernah dilakukan Ascada pada hits "Sayang" yang awalnya dipopulerkan NDX AKA, dan "Bojo Galak" yang juga sempat dipopulerkan Nella Kharisma. Itulah mengapa tak ada embel-embel "cover" pada lagu-lagu tersebut setelah dirilis secara resmi oleh Ascada.

Meski demikian tak sedikit warganet mengkritik Via Vallen hanya bisa numpang tenar dengan menyanyikan lagu orang lain yang sudah pernah jadi hits. Padahal anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Justru dengan diboomingkan kembali oleh Via Vallen, sedikit banyak penyanyi aslinya akan terkena dampak ikut menjadi terkenal. Setidaknya penikmat musik akan mencari tahu siapa penyanyi asli lagu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2