Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... Administrasi - Manusia Biasa

Wong Ndeso yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama FEATURED

Antara Saya, Fatin, Via Vallen dan Nissa Sabyan

3 Juni 2018   15:15 Diperbarui: 3 Juli 2019   23:57 12304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nissa, vokalia grup Sabyan Gambus| Dokumentasi Instagram Sabyan Gambus

Entah sudah berapa kali saya mendengar celetukan rekan kerja dan sahabat dekat menyindir beberapa artikel terakhir saya di Kompasiana. "Via Vallen apa kabar Pak? Pindah ke Sabyan ya sekarang." Ada yang berkomentar nakal, "Kayaknya Pak dody pindah haluan...wkwkwk." Ada pula yang komentar singkat "ke lain hati."

Rupanya mereka masih sempat membaca beberapa artikel saya di Kompasiana yang akhir-akhir ini memang lebih banyak membahas grup musik yang sedang jadi trending saat ini, Sabyan Gambus dan vokalisnya Nissa Sabyan. Wajar juga mereka menyindir demikian sebab sebelumnya saya memang gencar menulis artikel tentang pedangdut fenomenal Via Vallen.

Tercatat ada 14 artikel tentang Via Vallen yang saya tulis sejak akhir Desember 2017 hingga awal Mei tahun ini. Sementara untuk Sabyan Gambus, sejak awal Mei hingga awal Juni ini baru lima artikel yang sudah saya tulis dan tayang di Kompasiana.

Sindiran dan komentar usil macam ini juga sempat saya dapat beberapa bulan lalu saat saya mulai intens menulis serba-serbi tentang Via Vallen. Seorang rekan netizen yang juga jurnalis senior mengomentari salah satu artikel yang saya unggah di Kompasiana. "Wah, berpindah hati dari Fatin ke Via Vallen, haha," komentarnya bernada menggoda. Ada juga yang bertanya, "Trus Fatin gimana mas? Kelamaan nunggu album barunya ya?"

Sebenarnya dari 150-an lebih artikel yang sudah saya tulis dan unggah di Kompasiana, tak melulu membahas Fatin, Via Vallen ataupun Sabyan Gambus. Masih banyak topik lain yang sudah saya tulis di beragam rubrik yang tersedia. Meskipun sejauh ini tulisan tentang Fatin masih terbanyak, yakni sekitar 40an artikel.

Walau demikian harus saya akui, ketiganya sanggup menggugah hasrat untuk menulis sebagai bentuk apresiasi atas inspirasi yang telah mereka berikan. Tentu bukan tanpa alasan saya rajin mengomentari gerak gerik mereka lewat tulisan semacam ini. Ketiganya selalu menjadi trending dan sama-sama populer dengan basis fanbase yang kuat.

Kali ini saya coba kembali bahas tentang ketiganya untuk menjawab sekaligus mengklarifikasi beragam komentar dan celetukan tersebut. Agar pembahasannya lebih adil dan tak terkesan keroyokan, khusus untuk Sabyan Gambus akan lebih fokus pada sosok Nissa Sabyan.

FATIN

Saya mulai dari Fatin yang lebih dulu menasional dan terjun ke dunia musik profesional setelah memenangkan ajang pencarian bakat X Factor Indonesia (XFI) di pertengahan tahun 2013. Karena Fatin saya kembali bersemangat menulis setelah sempat "malas" dalam waktu yang cukup lama. Fatin juga yang membuat saya akhirnya punya akun pribadi di Kompasiana dengan tulisan pertama tentu saja tentang Fatin.

Awal kemunculan gadis belia bernama lengkap Fatin Shidqia Lubis ini cukup mengejutkan. Pertama kali mengikuti audisi XFI di akhir tahun 2012 dengan masih berseragam sekolah, ia sukses mencuri perhatian parajuri dan penonton yang menyaksikan penampilannya ketika itu. Para juri yang notabene artis papan atas seperti Ahmad Dhani, Rossa, Bebi Romeo dan Mulan Jameela dibuat tercengang saat ia membawakan lagu "Grenade" Bruno Mars.

Fatin| kompas.com/Andi Muttya Keteng
Fatin| kompas.com/Andi Muttya Keteng
Gara-gara Fatin juga akhirnya saya tertarik menonton ajang pencarian bakat di televisi, lengkap dengan rasa deg-degan dan mules tiap kali hasil polling akan diumumkan. Bersama rekan-rekan Fatinistic, dukungan untuk Fatin terus digelorakan dengan caranya masing-masing.Dan saya memilih mendukung dari belakang layar lewat artikel yang saya tulis di Kompasiana. Ketika itu rubrik hiburan di Kompasiana didominasi beragam tulisan tentang remaja berhijab kelahiran 30 Juli 1996 itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun