Dody Kasman
Dody Kasman pegawai negeri

Orang Indonesia yang tinggal di daerah. \r\n \r\n\r\nTwitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Menanti Kolaborasi Via Vallen dan Sheila On 7

12 Maret 2018   01:20 Diperbarui: 12 Maret 2018   01:35 945 1 0
Menanti Kolaborasi Via Vallen dan Sheila On 7
Foto: Tribunnews.com

Popularitas Via Vallen saat ini sudah tak diragukan lagi. Jadwal manggungnya demikian padat baik off air maupun on air di stasiun TV. Tak hanya tampil solo, beberapa kali ia tampil duet dan berkolaborasi dengan penyanyi lain. Tidak saja dengan penyanyi dangdut, ia juga seringkali berduet/berkolaborasi dengan penyanyi dengan berbagai warna aliran musik.

Entah berapa artis yang sudah tampil dengannya baik di panggung maupun studio. Dari Zaskia Gotik hingga raja dangdut Rhoma Irama, dari Judika hingga Anjie, dari band Wali, Armada hingga band lengedaris Slank. 

Walaupun harus menyesuaikan dengan genre lawan duetnya, Via Vallen terbukti mampu mengimbangi penampilan penyanyi maupun musisi yang bisa dibilang jauh lebih berpengalaman darinya.

Namun ada satu band yang belum berkolaborasi dengannya. Band ini terbilang istimewa bagi Via Vallen, sebab pada beberapa kesempatan dengan terang-terangan Via mengaku sebagai fans berat mereka sejak ia masih SD. Ya, band tersebut adalah Sheila On 7 yang juga band favorit saya sejak jaman masih kuliah sekitar 20 tahun yang lalu.

Begitu ngefansnya Via Vallen pada band asal Jogjakarta itu dibuktikannya dengan mengcover hits "Sebuah Kisah Klasik." Video klip cover lagu tersebut kemudian diunggah di akun YouTube pribadinya Via Vallen Official pada tanggal 7 Pebruari 2018.

Di bagian bawah keterangan video klip disebutkan bahwa Sheila On 7 adalah band favoritnya dari jaman SD. "Hampir setiap jam istirahat Via pasti main konser2an di samping kelas sambil bawa sapu sebagai alat gitar. 

Dan lagu ini adalah salah satu lagu yang selalu bikin mewek karena inget jaman sekolah dan bikin inget sahabat. Sampe2 waktu take vocal rasanya pengen mewek dan di video awal udah mau nangis. Cuma bisa nahan jadinya cuma berkaca-kaca aja matanya," ungkap Via Vallen di akun YouTube pribadinya itu.

Pada video "Kesukaan Via Vallen? Q & A with Via Vallen Part 2" yang diunggah akun Perdana Record, Via Vallen kembali menceritakan masa SDnya saat mulai suka Sheila On 7. "Pas jam istirahat sekolah, Via konser mini di lorong samping kelas. Gitarnya pakai sapu trus nyanyi-nyanyi," kisahnya.

Masih dalam video Q & A yang diunggah tanggal 28 Pebruari 2018 itu, saat ditanya tentang lagu favoritnya ia menjawab hampir semua ia suka. "Hampir sak albumnya Sheila On 7 aku nyanyi pas aku istirahat. Jadi ndak makan ndak jajan ancene ndak nduwe duwek yo mas yo, dadi nyanyi tok wareg wis pokoke," jawabnya dengan selingan Bahasa Jawa.

Pada wawancara usai konser 100 Hari Menuju Piala Dunia 2018 di studio TransTV beberapa waktu lalu Via Vallen mengungkapkan keinginannya berkolaborasi dengan Sheila On 7. Meskipun belum ada jawaban maupun konfirmasi resmi dari pihak Sheila On 7, bukan tidak mungkin kolaborasi keren itu dapat segera terwujud.

Dengan kembalinya Sheila On 7 ke jalur indie setelah sekitar 17 tahun berada di bawah "major label," tentu akan lebih mudah untuk menjalin kerjasama dengan penyanyi maupun musisi lain. Apalagi dengan label sendiri 507 Records, tentunya mereka lebih leluasa memilih dan menentukan partner dalam berkarya.

Kembali ke jalur indie dengan label sendiri berarti mereka harus mengerjakan segala sesuatunya secara mandiri mulai produksi hingga manajemen termasuk promosi. Setelah cukup lama vakum setelah keluar dari major label tentu perlu segera diambil langkah promosi yang efektif untuk membuktikan pada khalayak musik tanah air bahwa Sheila On 7 masih eksis.  

Salah satu strategi promosi yang efektif adalah bekerjasama dengan artis yang sedang hits saat ini, salah satunya yang memang lagi booming adalah Via Vallen. Apalagi Via Vallen sudah mengungkapkan keinginannya untuk tampil bersama Duta dan kawan-kawan.

Jangkauan vokal Via Vallen yang cukup luas tak terbatas dangdut koplo sudah dibuktikan dengan cover "Sebuah Kisah Klasik" yang dinyanyikannya dalam genre pop slow mellow yang mendayu-dayu. Penguasaan panggung dan audiens serta kemampuan mengimbangi penampilan penyanyi papan atas sudah dibuktikan pada kolaborasinya dengan Slank.

Jika benar-benar terwujud, tentunya ini akan menjadi kolaborasi keren dan heboh. Penyanyi dangdut paling populer saat ini bisa tampil bersama dengan band idolanya yang merupakan salah satu band terbaik tanah air. Yang tak kalah hebohnya tentu saja kolaborasi fanbase keduanya, Vyanisty dan Sheila Gank. Kita tunggu saja...