Mohon tunggu...
Dodik Suprayogi
Dodik Suprayogi Mohon Tunggu... Lainnya - Independen

Independen

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

6 Kiat Melawan Lachanophobia, Mengalahkan Fobia Sayur

2 Agustus 2023   06:00 Diperbarui: 4 Agustus 2023   11:12 561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Anak kecil yang susah makan sayur. (Sumber: Shutterstock via kompas.com) 

"Teman penulis adalah seorang sarjana pertanian, setiap harinya bergelut dengan tanaman hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, membenci sekali dengan sayuran yang bernama paprika, mendengar namanya saja enggan, apalagi sampai menikmatinya sebagai hidangan lezat di atas meja makan. Dalam kasus lain, teman penulis yang berbeda juga mempunyai rasa ketakutan yang berlebihan jika dihadapkan dengan buah-buahan seperti melon, rambutan, dan durian"

Rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal seperti ketinggian, makanan tertentu, atau kedalaman air hingga menyebabkan serangan rasa panik yang tak terkendali bisa diartikan sebagai fobia.

Fobia merupakan ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang tidak membahayakan, pengidap fobia menyadari ketakutannya berlebihan namun mereka tidak mampu mengendalikan rasa ketakutannya hingga menyebabkan depresi dan kecemasan akut.

Salah satu jenis fobia aneh yang tidak sedikit diidap oleh banyak orang adalah fobia sayur atau lachonophobia

Lachonophobia mengakibatkan pengidapnya berusaha menghindar dari sayuran, tidak sebatas menghindari makan sayuran saja, dalam kondisi berat bahkan enggan untuk membayangkan, melihat, mendengar apapun tentang sayuran.

Menyimak dari kasus teman penulis yang sangat menghindari sayuran paprika, bisa dikatakan ia mengidap lachonophobia. 

Dampak negatif dari lachonophobia sangatlah fatal bagi kesehatan tubuh. Bagaimanapun sayuran dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral bergizi.

Kesehatan fisik yang buruk, mempengaruhi kesehatan mental. Jika tubuh kekurangan gizi, maka mudah dihinggapi berbagai macam penyakit, rasa letih, lapar, lunglai dan penurunan daya ingat.

Penyebab Lachonophobia

Penyebab fobia sayur, biasanya dari memori pengalaman masa kecil seperti saat menikmati makan sayur ternyata rasanya pahit atau aroma yang tidak sedap, sehingga terekam dalam alam bawah sadar, jika makan sayuran rasanya pasti pahit aroma tidak enak, menimbulkan traumatik.

Bisa juga rasa trauma saat berhadapan dengan sayur seperti terkena getah yang buat gatal saat panen atau faktor lingkungan terutama keluarga yang juga jijik atau tidak suka pada sayuran, sehingga ketakutan itu diturunkan ke anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun