Dodi Hamdani
Dodi Hamdani

Menjadi orang yang paling banyak bermanfaat bagi manusia lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Tanda Kebahagiaan Hidup Seseorang

28 Agustus 2018   21:23 Diperbarui: 28 Agustus 2018   21:40 200 0 0

Kebahagiaan merupakan impian setiap orang. Namun banyak sekali ukuran kebahagiaan yang dirasa dan dialami seseorang, diantaranya ada yang mengatakan "Bahagia itu sederhana, melepas lelah sambil menikmati secangkir kopi", "Bahagia itu ketika kita dapat berbagi dengan orang lain", "Bahagia itu banyak duit, rumah luas, kendaraan mewah, dan istri cantik, titik". Demikianlah orang mengungkapan tentatng kebahagiaan hidup di dunia.

Menurut Sahabat Nabi SAW, dan merupakan salah satu ahli dalam bidang tafsir Al Qur'an yaitu Ibnu Abbas RA bahwasannya ada 7 tanda kebahagiaan hidup seseorang di dunia.

Pertama, hati yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT sang pencipta dan pengatur alam semesta. Bagaimana tidak, dengan hidupnya kita sampai saat ini merupakan anugrah dan kesempatan dari Allah semata dan harus kita syukuri setiap keadaan yang kita alami di setiap saatnya. Orang yang selalu bersyukur kepada Allah akan merasakan kebahagiaan dalam hatinya.

Kedua, pasangan hidup yang sholeh/sholehah. Ada sebuah Hadits yang menjelaskan bahwa dunia adalah pershiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah. Tidak sedikit orang yang mengungkapkan begitu berharganya pasangan hidup, apalagi di saat kita melakukan pendekatan kepada seseorang semua ungkapan baik, rayuan maut, bahkan gombalan dahsyatpun kita usahakan dengan mati-matian. maka dari itu ketika kita sudah mempunyai pasangan yang baik maka di sanalah kita akan merasakan kebahagiaaan dalam hidup ini.     

Ketiga, anak atau keturunan yang baik dan berbakti. Anak adalah anugerah yang dititipkan kepada pasangan manusia, disebut keluarga bahagia jika ada keturunan yang baik yang selalu menyejukkan hati kedua orang tua jika mereka memandangnya.

keempat, lingkungan yang baik. Menurut sebagian ahli pendidikan ada tiga faktor yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat, dari ketiga faktor tersebut lingkunganlah yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan seseorang. Begitupun kita pada umumnya akan sangat dipengaruhi orang lingkungan di sekeliling kita, lingkungan yang baik akan membawa kita kepada kebaikan dan kebaikan akan menuntun kita untuk merasakan kebahagiaan dalam hidup.

Kelima, harta benda yang halal. Setiap kita pasti menginginkan harta yang banyak dan melimpah, namun ketia seseorang sudah mendapatkan bukan merupakan jaminan untuk dapat hidup bahagia. Kebahagiaan akan dirasakan seseorang tatkala memiliki harta yang melimpah dan berkah dan cara mendapatkannya pun baik dan halal.

Keenam, semangat untuk memperdalam Agama. Seseorang akan merasa mudah ketika ada yang membimbing dan mengarahkan, agama merupakan jalan hidup seseorang untuk bertindak dan bersikap, semakin baik pemahaman agama seseorang maka akan semakin bijak pula dalam menyikapi setiap langkah kehidupan ini, dan akan merasakan kebahagiaan. 

Ketujuh, umur yang berkah. Umur yang panjang tidak dapat menjamin seorang akan selalu bahagia,namun umur yang berkah adalah umur yang selalu digunakan untuk kebaikan dan manfaat untuk banyak orang .

Itulah 7 tanda kebahagiaan hidup seseorang, semoga kita dapat menempuh dan merasakan salah satu atau bahkan ketujuh perkara di atas agar kita termasuk orang yang berbahagia.