Mohon tunggu...
DODID NUR UBAIDILLAH
DODID NUR UBAIDILLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai sesuatu yang berkaitan tentang sosial, dan menyenangkan menyebarkan informasi ke orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PMM UMM Mengedukasi Bahayanya Sosial Media kepada Anak-anak di Rumah Belajar Kakek Aboe

4 Desember 2022   21:31 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:17 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 57 Gelombang 10 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Adhyatman Prabowo S.Psi., M.Psi.

Perkembangan zaman modern saat ini sangat pesat, terutama dalam perkembangan teknologi. Harus kita akui, generasi milenial saat ini hampir kebanyakan telah memegang gawai atau yang dikenal dengan HP dan mempunyai akses internet untuk bermain di sosial media. Bagi kami sendiri, sosial media adalah pisau bermata dua, dalam artian sosial media dapat sangat bermanfaat namun juga bisa sangat bisa berbahaya. Untuk itu kami memberikan edukasi terkait bahayanya bermain sosial media tanpa bimbingan.

Setelah kami cari tau, ternyata hampir semua anak-anak telah mempunyai gawai dan juga bermain sosial media. Hal ini tentu saja cukup mengejutkan kami. Kami memberikan edukasi kepada anak-anak agar lebih hati-hati dalam bermain sosial media, kami pun memberikan contoh penggunaan sosial media agar lebih bermanfaat kepada anak-anak, seperti membuka platform Youtube dan mencari pembelajaran Matematika disana. Hal ini tentu saja tidak banyak diketahui oleh anak-anak dan rata-rata dari semuanya cukup terkejut ternyata media sosial bisa sangat bermanfaat. Kami juga berulang kali melakukan pencarian terkait dengan pembelajaran, harapan kami beranda di Youtube mereka berisi tentang pembelajaran.

Harapan kami adalah agar anak-anak dapat belajar melalui pemanfaatan sosial media dan terhindar dari bahayanya sosial media. Tentu saja kami berharap orangtua mereka tetap mengawasi penggunaan gawai mereka agar tidak menjadi FOMO di kemudian hari.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun