Mohon tunggu...
Dodi Irawan
Dodi Irawan Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pengaruh Budaya Barat di Indonesia

26 November 2018   18:47 Diperbarui: 26 November 2018   18:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Budaya barat merupakan budaya yang paling dominan dan paling menguasai budaya timur, dengan memiliki teknologi yang lebih canggih dari teknologi budaya timur. Sehingga mudah untuk mempengaruhi budaya timur seperti di Indonesia sudah banyak budaya -- budayanya orang barat masuk ke Indonesia dan ditirukan oleh orang Indonesia. 

Dengan globalisasi tentunya membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat. Sekarag ini kebiasaan -- kebiasaan budaya barat semakin berkembang bisa kita lihat sendiri setiap hari di media elektronik dan cetak  sehingga cenderung merusak serta melanggar norma -- norma ketimuran kita sehingga ditonton dan ditiru oleh orang -- orang budaya timur yaitu orang Indonesia. 

Apalagi dikalangan anak remaja sangat mudah sekali terpengaruhi oleh budaya orang barat yang menginginkan kebebasan dalam pergaulan, berpakaian seperti orang -- orang barat, pergi ke clubbing, mabuk -- mabukan, bahkan berciuman dengan lawan jenisnya di tempat umum layaknya seperti budaya barat bahkan dapat merusak norma -- norma yang dimiliki oleh budaya timur. 

Contoh kebudayaan -- kebudayaan barat tersebut dapat kita lihat dari cara mereka berpakaian dan style, film-film barat, sampai pada pergaulan lawan jenis yang semakin bebas. Meskipun memiliki kecendurangan hal yang negatif dengan berkembangnya budaya barat di Indonesia namun ada hal positifnya juga budaya barat dapat mempengaruhi dengan hal yang positif di Indonesia. 

Seperti berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga masyarakat lebih bisa mengetahui informasi yang ada di Indonesia dan di dunia dan ilmu pengetahuan masayarakat lebih luas lagi, pola pikir masyarakat menjadi modern dan lebih berkembang, dapat memperkaya keberagaman budaya Indonesia bila di manfaatkan dengan baik, mengetahui bahasa asing lewat lagu -- lagu. 

Hal yang berdampak negatif dengan masuknya budaya barat di Indonesia yaitu gaya hidup seperti kebarat -- baratan misalnya dengan menggunakan pakaian seperti gayanya orang barat, gaya hidup seperti orang barat, pesta pora, sikap menjadi inividualistis, materialistis, kesenjangan sosial, pola hidup yang konsumtif, dan jiwa nasionalisme menjadi memudar.

Budaya barat yang masuk akibat globalisasi ke Indonesia turut mengubah perilaku dan  kebudayaan Indonesia, baik itu kebudayaan nasional maupun kebudayaan murni yang ada disetiap daerah di Indonesia dengan hal seperti ini bisa dilihat dari ketidakmampuannya orang -- orang di Indonesia untuk beradaptasi dengan baik terhadap budaya barat sehingga menjadi terpengaruh sehingga cenderung bergaya hidup dengan ke barat -- baratan dan memudarnya budaya timur sendiri. 

Hal tersebut terlihat dengan seringnya orang -- orang Indonesia terutama para remaja di Indonesia sering sekali keluar masuk ke tempat club ataupun hiburan malam lainnya, nongkrong-nongkrong du cafe sampai larut malam, biasanya hal ini terjadi di Indonesia berada di kota -- kota besar karena di dikota-kota besar sangat mudah untuk dipengaruhi oleh budaya barat aksesnya sangat mudah. 

Dengan nilai -- nilai budaya tersebut bukan berarti kita harus tertutup dengan budaya barat tetapi kita harus bisa mengambil dari nilai positifnya dan makna filosofi kebudayaan Indonesia yang harus dijadikan sebagai sumber insprirasi dan kreativitas bagi orang -- orang Indonesia bukan mengambil dari sisi yang tidak baiknya. Kita sebagai orang Indonesia harus memiliki sikap dan kesadaran diri untuk mempertahankan budaya kita sendiri agar tidak tidak terpengaruh oleh budaya barat yang bersifat hal yang negatif. 

Dengan seperti itu kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan barat dapat berkesinambungan dengan baik tanpa merusak nilai -- nilai kebudayaan Indonesia dan tanpa merusak moral -- moral yang ada Indonesia. Sebagai masayarakat Indonesia kita harus pintar -- pintar dalam menyikapi budaya barat yang masuk ke Indonesia.