Mohon tunggu...
Ir Dony Mulyana Kurnia
Ir Dony Mulyana Kurnia Mohon Tunggu... Arsitek - Direktur eLSOSDEM / Aktivis 98

Lembaga Kajian, riset, analisa sosial dan demokrasi di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Permainan Dua Kuda Jokowi, Dunia Berdecak Kagum

29 Juni 2022   17:12 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:17 1164 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Jokowi meroket menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan terpilih Presiden RI dua periode, langkah-langkah dan gebrakannya sungguh sangat fantastis dan selalu di luar dugaan bagi siapapun baik pendukung apalagi lawan politisnya? 

Di dalam permainan catur langkah-langkah Jokowi ini, adalah permainan ciamik dua kuda, yang loncat-loncat untuk mengobrak-ngabrik pertahanan lawan, dan sangat sulit di baca pergerakannya.

Siapapun tidak menduga betapa beraninya Jokowi dengan di dampingi isterinya ibu Iriana, masuk ke medan tempur Rusia versus Ukraina, yang kondisi saat ini sangat mengerikan, dan bagi dia masuk ke medan tempur, tidak ada keraguan sama sekali, sama halnya seperti ketika masuk gorong-gorong di DKI Jakarta saja, yakin dan tanpa beban sama sekali.

Sehingga dengan langkah-langkahnya ini, bukan saja membuat decak kagum rakyat Indonesia, tapi para pemimpin dunia pun, saat ini semuanya melihat sepak terjang Jokowi yang demikian heroik, terlihat di dalam perhelatan G-7, betapa kagumnya Biden terhadap Jokowi, dengan rangkulannya.

Demikian pula tinju kelakar dari perdana menteri Inggris Boris Johnson, penyambutan kanselir German Olaf Scholz dan peluk hangat presiden Prancis Emmanuel Macron. 

Dari gesture ini sangat mungkin, pesan-pesan penting barat bagi misi perdamaian dan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina, di emban Indonesia melalui Jokowi.

Sangat tepat Indonesia menjadi presidensi G-20 yang akan di gelar November 2022 di Bali.  Indonesia konsisten walau di tekan pemboikotan oleh barat, berinisiatif untuk tetap menghadirkan Putin dan Zelensky. 

Konsistensi Indonesia ini sudah terlihat hasilnya, yang mana kanselir German Olaf Scholz sangat menghargai sikap Indonesia, dan siap hadir di Bali, walau dengan kehadiran Putin sekalipun. 

Sepak terjang Jokowi dalam mewakili Indonesia sangat tepat, dan sesuai amanah konstitusi UUD 1945, dengan politik bebas aktif, untuk turut serta dalam menjaga perdamaian dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan