Mohon tunggu...
Dara mithak
Dara mithak Mohon Tunggu...

A girl who really like wasting her time by learning from surrounding

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Alkisah Benang Merah Sehatnya Soyjoy Crispy, Fitoesterogen, dan Menstruasi

21 Agustus 2018   23:10 Diperbarui: 21 Agustus 2018   23:35 0 1 0 Mohon Tunggu...
Alkisah Benang Merah Sehatnya Soyjoy Crispy, Fitoesterogen, dan Menstruasi
Soyjoy Crispy (SC Soyjoy.id)

"Makanlah makananmu sebelum obat-obatan menjadi makananmu"

Sebuah Pepatah yang menjadi peringatan dari sikap abai manusia, khususnya berkaitan dengan menjaga kesehatan. Salah satu sikap buruk yang akan selalu melekat pada manusia yaitu mulai menjalankan pola kehidupan yang benar setelah resiko datang kepadanya. Kita cenderung menyepelekan hal kecil namun berujung besar demi mendahulukan sesuatu hal yang memberikan kepuasan di awal.

Tulisan ini bukan hanya sekedar menunjukkan "keistimewaan" seorang wanita. Namun juga berkaitan dengan pengalaman saya dalam memulai pola hidup sehat. Tentunya, diawali oleh sikap abai saya sebagai manusia yang terlalu terlena. Semoga tulisan ini mampu memberikan gambaran pentingnya menjaga dibandingkan merawat kesehatan tubuh, terkhusus untuk para wanita yang diciptakan dengan segala keistimewaannya.

Ratusan kali ibu saya pernah mengatakan bahwa menjadi seorang wanita bukanlah perkara yang mudah. Semakin dewasa semakin dituntut untuk menjaga maupun merawat diri baik luar maupun dalam. Memang benar sepertinya, buah pikir saya saat masih berumur 7 tahun, bahwa menjadi orang dewasa itu tidak enak. Semua terbukti kini, ketika saya merasakan daya tahan tubuh menurun diiringi dengan beban pikiran yang semakin banyak.

Setiap wanita memiliki tujuan masing-masing dan tentu saja baik menurut dirinya. Namun bagi saya, menjadi seorang wanita yang mampu menghidupi diri sendiri merupakan bekal yang penting untuk menuju tahap hidup selanjutnya. Hasil dari didikan seorang ibu kepada anaknya yang selalu berpesan pentingnya menjadi seorang wanita mandiri dengan mengurangi ketergantungan diri.

"Who's gonna give you everything?  Yourself" kalimat ampuh yang selalu menguatkan saya ketika hidup meniti karir di tanah perantauan hingga saat ini.

Dibalik embel-embel wanita karir yang terlihat memiliki kelas, berdiri dibaliknya sebuah kehidupan cukup keras, terutama ketika sudah terlalu cinta pada pekerjaan hingga lupa mencintai dirinya sendiri. Hasil dari jerih payah dalam pekerjaan memang memberikan sebuah kepuasan disetiap akhir. Namanya manusia yang selalu abai, saya cenderung membiarkan tubuh dan pikiran terus bekerja, tidak jarang melewatkan waktu makan, bahkan ketika deadline melanda, membiarkan diri untuk tidur sejenak merupakan hal yang dapat membuang waktu. Semua dilakukan demi lembaran kertas dengan nilai bilangan. "Yang terpenting tubuh saya masih mampu" sebuah pemikiran berujung pada penyesalan..

Tidak ada seorangpun yang tahu ketika pada akhirnya saya harus berurusan dengan dokter kandungan akibat kelalaian saya. Tidak seorangpun termasuk saya sendiri si pemilik tubuh.. Para pembaca yang budiman mari saya luruskan bahwa dokter kandungan bukan hanya menangani masalah kehamilan namun juga mengatasi permasalahan kewanitaan akibat masa periodenya yang tidak teratur atau tidak normal. Dan ini yang terjadi pada saya.

Sudah saya katakan sebelumnya bahwa wanita merupakan makhluk yang istimewa. Menjaga diri baikan menjaga barang pecah belah. Perjuangan seorang wanita bukan hanya sekedar saat melahirkan namun juga saat menjaga kestabilan siklus menstruasinya.

Menstruasi merupakan salah satu aspek kematangan seksual yang terjadi sebagai tanda seorang wanita sudah melalui masa pubertasnya. Kelancaran siklus menstruasi menjadi tolak ukur dari tingkat kesuburan seorang wanita. Siklus menstruasi pada wanita normal berkisar antara 21-35 hari (Women's health U.S. Department of Health and Human Services, 2014)Ketika Siklus menstruasi pendek atau panjang menunjukkan adanya penyimpangan pada sistem metabolisme dan hormonal, singkat ada yang tidak normal (Septian, dkk, 2017). Beragam gangguan menstruasi berdampak pada sulitnya hamil seorang wanita, menentukan masa subur, hingga beberapa gangguan lainnya namun dua hal tadi yang terlihat memiliki pengaruh besar terhadap kesempurnaan hidup seorang wanita (Todd, 2016)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x