Mohon tunggu...
dkwayangan
dkwayangan Mohon Tunggu... Tim II KKN Universitas Diponegoro

Tim II KKN Universitas Diponegoro di Desa Kwayangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pelatihan Hemat Listrik di Desa Kwayangan

19 Agustus 2019   20:21 Diperbarui: 20 Agustus 2019   17:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pelatihan Hemat Listrik di Desa Kwayangan
mg-5723-min-2-jpg-5d5bc9bd0d823054a5494ae2.jpg

Kwayangan, Kedungwungi. Jumat  25 Juli 2019  - Ibrahim Herman, Mahasiswa KKN Tim II dari Prodi Teknik Elektro di Desa Kwayangan Kecamatan Kedungwungi Kabupaten Pekalongan mengadakan pelatihan hemat listrik dan iluminasi kepada kelompok karang taruna, Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhatul Ulama (IPPNU) Desa Kwayangan di Balai Desa Kwayangan, Jumat (25/07/2019)

Pelaksanaan pelatihan hemat listrik dan iluminasi dilatar belakangin oleh banyaknya pengusaha konveksi yang bekerja lembur hingga malam hari namun pencahayaan ketika bekerja belum sesuai dengan standar. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan dan kurang fokus dalam bekerja. Selain itu juga dilakukan pelatihan ini agar tingkat kesadaran masyarakan terhadap hemat energi listrik meningkat.

Sosialisasi diikuti oleh 27 orang yang terdiri dari atas karang taruna, Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhatul Ulama (IPPNU) Desa Pangkah. Dijelaskan oleh Ibrahim, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap hemat energi listrik dan pentingnya pencahayaan dari lampu ketika bekerja di Desa Kwayangan.

Selain itu juga pelatihan ini memberikan tips mudah menghemat listrik dan cara menghitung nilai ukur pencahayaan (lux) menggunakan aplikasi lux light meter pada handphone.