Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Trem Listrik Pertama di Benua Asia Ada di Jakarta

26 September 2022   08:23 Diperbarui: 26 September 2022   08:25 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Model trem yang pernah beroperasi di Batavia (Dokpri)

Sejak 19 September 2022 lalu Museum Sejarah Jakarta di kawasan kota tua Jakarta menyelenggarakan pameran temporer bertema "Jejak Memori Moda Transportasi di Ibukota Jakarta MRT Jakarta". Direncanakan pameran akan berakhir pada 30 September 2022.

Menurut Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Ibu Esti Utami, pameran ini merupakan salah satu program publik yang diselenggarakan dalam rangka mengulik lebih dalam sejarah atau jejak perkembangan moda transportasi publik berbasis rel. 

Sementara menurut Kepala Dinas Kebudayan DKI Jakarta Bapak Iwan Henry Wardhana, pameran ini menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus) yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek.

Karcis trem untuk anak sekolah dalam pameran (Dokpri)
Karcis trem untuk anak sekolah dalam pameran (Dokpri)

Trem

Pameran menyajikan bagaimana trem menjadi titik awal moda transportasi berbasis rel. Memang yang muncul terlebih dulu kereta api, namun trem hanya beroperasi secara lokal di Batavia, sekarang Jakarta. 

Sementara kereta api beroperasi di berbagai kota. Karena itulah dipilih trem. Apalagi dikaitkan dengan MRT yang juga menjadi transportasi urban Jakarta.  

Diketahui trem pertama di Batavia adalah trem kuda. Namun karena mempunyai kendala, keberadaan trem kuda digantikan trem uap. Sebagai penarik gerbong, digunakan lokomotif uap berupa tabung uap isi ulang bertekanan tinggi. 

Sekali isi, lokomotif mampu menarik rangkaian trem sampai sejauh 30 kilometer. Kendala trem uap adalah sering mogok kebaisan uap di tengah jalan, terutama di jalan yang menanjak.

Kalau trem kuda beroperasi selama sekitar 12 tahun, trem uap beroperasi mulai beroperasi pada 1881. Trem listrik sendiri mulai beroperasi pada 10 April 1899. Rute pertama yang dibuka adalah Harmoni -- Kebun Binatang Cikini. 

Inilah trem listrik pertama di Benua Asia. Bahkan, menurut buku Moda Transportasi di Jakarta, di Belanda saja trem baru beroperasi tiga bulan kemudian. Kalau dipikir-pikir hebat juga Batavia ketika itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun