Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Candi Borobudur Setelah Diledakkan Orang pada 21 Januari 1985

22 Januari 2022   08:02 Diperbarui: 22 Januari 2022   08:07 604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kondisi Candi Borobudur setelah ledakan (Dokpri)

Sebenarnya akhir Januari 1985 saya akan pergi ke Candi Borobudur. Sebagai syarat ujian akhir di Jurusan Arkeologi UI, saya harus menulis skripsi. Berbagai referensi sudah saya miliki. Saat itu tinggal penelitian lapangan. Saya rencanakan selama dua minggu saja meneliti di sana.

Namun tiba-tiba ada berita Candi Borobudur diledakkan orang. Peristiwa miris itu terjadi pada 21 Januari 1985. Beberapa bagian candi rusak bahkan ada yang hancur. Akibatnya untuk sementara waktu kunjungan ke candi ditutup untuk umum. Penelitian pun terpaksa saya tunda untuk beberapa lama.

Dulu kondisi Candi Borobudur sangat mengkhawatirkan. Dindingnya miring dan lantainya melesak. Karena itulah dilakukan pemugaran secara besar-besaran. Bantuan dana datang dari berbagai penjuru dunia, termasuk dari UNESCO. 

Setelah bertahun-tahun pemugaran dengan melibatkan banyak pakar dunia, akhirnya purnapugar Candi Borobudur diresmikan pada 23 Pebruari 1983. Kemungkinan hal itu yang mendasari pikiran negatif buat segelintir orang sehingga meledakkan Candi Borobudur.

Studp Candi Borobudur sedang diperbaiki (Dokpri)
Studp Candi Borobudur sedang diperbaiki (Dokpri)

Observasi di atas candi 

Seingat saya, akhir Pebruari 1985 saya berangkat ke Candi Borobudur. Rencana penelitian selama dua minggu. Ketika itu saya naik bus malam Jakarta -- Yogyakarta. 

Seharusnya saya bisa berhenti di Magelang atau Muntilan, lokasi terdekat dengan Candi Borobudur. Namun karena harus meminta izin terlebih dulu ke instansi arkeologi, seingat saya nama waktu itu Kantor Suaka Purbakala Jawa Tengah di dekat Candi Prambanan, saya harus ke Yogyakarta.

Sampai di Yogyakarta sekitar pukul 05.00. Karena masih banyak waktu, saya cari-cari kopi dan sarapan terlebih dulu. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. "Jonggrang...Jonggrang..," kata kondektur bus. Jonggrang, tepatnya Lara Jonggrang, merupakan sebutan lain dari Candi Prambanan. 

Nama Jonggrang cukup populer di mata masyarakat. Setelah mendapat surat dari Pak Anom (I Gusti Ngurah Anom), Kepala Kantor Suaka Purbakala waktu itu, saya segera ke Muntilan. Dari Muntilan sambung bus menuju Candi Borobudur dengan bus Ramayana.

Di Borobudur saya menemui Mas Samidi. Sempat menunggu sebentar, Mas Samidi datang dengan vespa. Mas Samidi hanyalah berpendidikan SMA, namun kemampuan beliau dalam konservasi sungguh luar biasa. Uniknya Mas Samidi adalah adik kelas saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun