Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog yang tertarik astrologi, palmistri, numismatik, filateli, dan penulisan/literasi

Arkeolog mandiri. Senang menulis arkeologi, museum, numismatik, dan astrologi/palmistri. Beraktivitas di komunitas dan gerakan literasi. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bermalam di Museum Kebangkitan Nasional Sambil Makan Ikan Bakar

30 Agustus 2021   08:29 Diperbarui: 30 Agustus 2021   08:43 183 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Makan ikan bakar di halaman Museum Kebangkitan Nasional (Foto: Panitia Bermalam di Muskitnas)

Meskipun sedang tutup layanan karena untuk menghindari penyebaran pandemi Covid, Museum Kebangkitan Nasional atau Muskitnas, tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Tentu saja sebagian besar dilaksanakan secara daring. Kalaupun secara luring, kegiatan dilaksanakan secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat.

Pada 21 Agustus dan 28 Agustus 2021 lalu, Muskitnas melaksanakan Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat SMP/sederajat se-DKI Jakarta. LCCM menjadi program kerja andalan Muskitnas. Nantinya pemenang tingkat provinsi akan berebut juara secara nasional di Museum Nasional.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi, sistem seleksi babak penyisihan dan final LCCM dilakukan penuh secara daring. Para peserta ternyata tetap bersemangat berkompetisi.  Kegiatan LCCM dibuka oleh Kepala Muskitnas Bapak Agus Nugroho. Muskitnas beralamat di Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 26, persis di sebelah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

LCCM tidak hanya mencari juara, tetapi juga mencari generasi unggul yang sadar akan sejarah bangsa dan para pendahulunya. Diharapkan ke depannya para generasi muda yang unggul ini dapat mempunyai prestasi yang membanggakan, baik bagi keluarga, sekolah, dan bangsa Indonesia. Demikian kata Pak Agus Nugroho.

Setelah bersaing ketat, Dewan Juri memutuskan beberapa sekolah terpilih. Berikut adalah daftar sekolah pemenang LCCM 2021:

  • Juara 1 SMP Negeri 255 Jakarta
  • Juara 2 SMP Negeri 115 Jakarta
  • Juara 3 SMP Negeri 199 Jakarta
  • Juara Harapan 1 SMP Negeri 85 Jakarta
  • Juara Harapan 2 SMP Negeri 252 Jakarta
  • Juara Harapan 3 SMP Negeri 75 Jakarta

Panitia dan juri Lomba Cerdas Cermat Museum (Foto: Muskitnas)
Panitia dan juri Lomba Cerdas Cermat Museum (Foto: Muskitnas)

Bermalam di museum

Seusai babak final LCCM, Muskitnas menjadi tuan rumah acara "Bermalam di Muskitnas". Acara itu diikuti para pemandu museum, guru pariwisata, dan pramuka, berkolaborasi dengan Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) dan Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia (KPBMI).

Acara dimulai pukul 17.00 secara santai. Setelah makan malam, acara santai kembali berlangsung dengan pemaparan dari beberapa narasumber tentang pemanduan, pariwisata, dan penulisan.

Seusai acara, peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan tur museum. Tentu saja agar tidak membuat kerumunan, para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dipimpin seorang pemandu. Para peserta diajak ke ruangan-ruangan koleksi. Ada yang sudah pernah ke Muskitnas, ada yang belum pernah ke sini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan