Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Penulis masalah arkeologi, sejarah, museum, budaya, numismatik, astrologi, dan palmistri

Arkeolog mandiri, penulis, bloger, komunitas KPBMI, kolektor, pemerhati (astrologi dan palmistri). Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menyoal Isu Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah

22 September 2020   12:03 Diperbarui: 22 September 2020   12:11 71 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Isu Penghapusan Mata Pelajaran Sejarah
Buku Mengerti Sejarah karya L. Gottschalk, dulu buku wajib mahasiswa sejarah (koleksi pribadi)

Yang namanya isu selalu ramai dipergunjingkan. Belum lama ini ada isu penyederhanaan kurikulum pendidikan. Salah satu dampaknya adalah penghapusan mata pelajaran Sejarah

Sontak banyak pihak ikut berkomentar terhadap isu tersebut, terutama Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah, hingga Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI). Belum lagi komunitas sejarah dan pemerhati sejarah.

Minggu malam 20 September 2020 saya baca di media daring dan lihat televisi, Mendikbud Nadiem A. Makarim mengatakan penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan hingga 2022. Ia juga menegaskan bahwa mata pelajaran Sejarah tidak akan dihapus.  

Buku Sejarah Nasional Indonesia 6 jilid (koleksi pribadi)
Buku Sejarah Nasional Indonesia 6 jilid (koleksi pribadi)
Sejarah dan kurikulum

Seingat saya, sewaktu saya SMP dan SMA saya pernah dapat mata pelajaran itu. Waktu itu saya menjadi generasi terakhir yang menggunakan kurikulum 1968. Di SMA saya mendapat pelajaran Sejarah sebelum penjurusan. Semester kedua saya masuk Jurusan IPA. Selanjutnya mata pelajaran Sejarah hanya diajarkan pada Jurusan IPS dan Jurusan Bahasa, nama waktu itu.

Setelah era saya, ada yang namanya PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa). Maklum, waktu itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dijabat Pak Nugroho Notosusantio. Beliau memang seorang sejarawan.

Setelah itu saya tidak mengikuti perkembangan. Namun sejak 1990-an terjadi beberapa kali perubahan kurikulum pendidikan, seperti Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Saya ingat ini zamannya anak-anak saya.

Baru tahun lalu saya berbincang dengan guru Sejarah. Ternyata untuk tingkat SMA, mata pelajaran Sejarah bergabung dengan IPS, yang terdiri atas empat disiplin, yakni Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi. Untuk tingkat SMP, Sejarah merupakan mata pelajaran sendiri.

Berbagai buku sejarah (koleksi pribadi)
Berbagai buku sejarah (koleksi pribadi)
Membosankan

Saya coba membuka www.kbbi.web.id. Di situ ada definisi sejarah, yakni asal-usul (keturunan) silsilah; kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo; pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah.

Dari buku Mengerti Sejarah, saya temukan kata history. Kata history berasal dari Bahasa Yunani istoria yang berarti ilmu. Secara umum sejarah diartikan masa lampau umat manusia. Namun dalam Bahasa Jerman sejarah disebut Geschichte (dari kata Geschehen) yang berarti terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN