Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Beberapa Tulisan Saya di Kompasiana Diakses 30.000-an Pembaca

27 Juli 2020   15:49 Diperbarui: 27 Juli 2020   15:46 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jumlah tulisan dan pengakses sampai hari ini (Dokpri)

Iseng-iseng saya menghitung pencapaian saya di Kompasiana. Sejak bergabung pada 14 Agustus 2016 saya menghasilkan 654 tulisan dengan 1.086.937 pengakses atau rata-rata 1.661, angka yang lumayan bagus. Berarti hampir empat tahun saya berpartisipasi di Kompasiana. Dalam setahun saya mampu menghasilkan 163,5 tulisan.

Sewaktu tulisan saya berjumlah 450, malah pernah menghasilkan angka rata-rata 2.050. Entah mengapa, kemudian jumlah pengakses menurun. Mungkin karena tidak ada topik hangat.

Dari sekian banyak tulisan, 614 dimasukkan oleh admin Kompasiana sebagai artikel pilihan. Artikel utama mencapai 246 tulisan atau 37,60% dari keseluruhan.  Sayang, saya jarang sekali melakukan blogwalking sehingga nilai saya rendah. Bayangkan, masih Penjelajah dengan 12.700-an poin, sementara banyak Kompasianer baru telah melebihi poin saya, meskipun jumlah tulisan atau banyaknya artikel utama jauh di bawah saya.   

Tulisan saya mencapai 37.000-an pengakses (Dokpri)
Tulisan saya mencapai 37.000-an pengakses (Dokpri)
Mencerdaskan

Kita menulis tentu memiliki beberapa tujuan. Misalnya saja mengemukakan uneg-uneg, menyebar informasi, memberi edukasi, menangkal berita hoaks, dan mengoreksi tulisan orang lain yang salah. Banyak ragam dan topik tulisan, sesuai dengan disiplin pengetahuan yang ada. Karena itu si penulis pun sering membatasi diri pada apa yang ia tahu. Apa yang ia tidak tahu, tidak mungkin ia tulis.

Seperti saya yang berpendidikan arkeologi, tulisan-tulisan saya pun tidak jauh dari itu. Yang jelas bertopik Sepurmudaya (sejarah, purbakala, museum, budaya). Banyak membaca jelas berdampingan dengan banyak menulis.

Saya hobi mengumpulkan uang dan prangko, maka saya pun menulis hal-hal yang berhubungan dengan itu. Terutama masalah numismatik atau uang-uang lama. Saya pun sering membaca, bahkan memiliki banyak buku tentang astrologi, palmistri, fisiognomi, grafologi, numerologi, dan fengshui. Maka saya pun menulis hal-hal yang berkenaan dengan astrologi dan teman-temannya itu.

Tulisan tentang grafologi mencapai 34.000-an pembaca (Dokpri)
Tulisan tentang grafologi mencapai 34.000-an pembaca (Dokpri)
Lain orang lain minat

Lain orang lain minat, begitulah apresiasi masyarakat terhadap tulisan saya. Ternyata setelah saya amati, masyarakat paling banyak mengakses tulisan saya tentang numismatik. Entah ada berapa banyak tulisan saya tentang numismatik. Tulisan saya yang paling banyak diakses berjumlah 37.000-an, yakni pada tulisan berjudul "Uang kertas nomor seri cantik diburu kolektor (numismatis)".

Tulisan tentang grafologi juga termasuk paling banyak diakses. Tulisan berjudul "Mengenal sifat dan karakter melalui ilmu grafologi/tulisan tangan diakses oleh 34.000-an pembaca. Sungguh luar biasa mencapai 30.000-an pembaca.

Yang agak kurang justru tulisan tentang arkeologi. Tulisan berjudul "Candi Borobudur pada 1814: masih tertutup pepohonan dan semak-belukar" diakses 13.000-an pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun