Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Kisah Trem di Jakarta Masa 1951 dari Sepotong Karcis

24 Juni 2020   17:35 Diperbarui: 26 Juni 2020   20:15 681
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi trem dari Gondangdia ke Batavia (Foto: https://digitalcollections.universiteitleiden.nl/)

Ketika sedang beberes rumah, saya menemukan sebuah kartu kecil. Beberapa tulisan saya amati. Ada BVM, kartu sekolah, pergi, pulang, tanggal, dan nama. 

Setelah saya amati lebih teliti, ternyata merupakan kartu langganan trem milik tante saya. Rupanya trem itu memiliki jalur Kampung Melayu -- Lapangan Banteng. Lijn 2 atau jalur 2, seperti tertulis pada kartu itu.

Kartu abonemen, begitulah yang pernah saya dengar dari almarhum tante saya. Pada setiap tanggal ada coretan di kolom pergi dan pulang. Ini semacam pemeriksaan karcis oleh petugas. Oh ya pada kartu tertulis R 10, mungkin mengacu pada besarnya biaya kartu bulanan.

Pada kartu tertulis Oktober 1951. Ini menunjukkan kartu itu berlaku pada Oktober 1951. Seingat saya, ketika itu tante saya masih bersekolah di Sekolah Pendidikan Guru Santa Maria, di Jalan Juanda sekarang.

Kartu langganan trem 1951 (Dokpri)
Kartu langganan trem 1951 (Dokpri)
Trem kuda

Saya cari tahu lagi soal BVM dan trem. Ternyata pertama kali di Batavia beroperasi trem kuda, trem yang ditarik kuda. Kuda itu menggigit sebatang besi agar trem bisa jalan. Trem itu dioperasikan oleh Bataviasche Tramweg Maatschappij (BTM) mulai 1869. Kalau orang-orang sekarang bilang "zaman kuda gigit besi", tentu berasal dari trem kuda itu.

Pada 1881 BTM berganti nama menjadi Nederlands-Indische Tramweg Maatschappij (NITM). Karena banyak kuda mati kelelahan, maka trem diganti bertenaga lokomotif uap. Layanan trem kuda ditutup pada 1882.

Beberapa tahun kemudian muncul trem listrik dibawah operasi Batavia Elektrische Tram Maatschappij (BETM). Hingga 1920 BETM terus melakukan ekspansi jaringan sehingga berselisih dengan NITM.

Pada 31 Juli 1930 NITM merger dengan BTM membentuk Bataviasche Verkeers Maatschappij (BVM). Hasil dari pembentukan BVM tersebut menggabungkan 1 lijn trem uap, 2 lijn trem listrik, dan 7 rute bus yang dioperasikan NITM dan BETM.

Bagian belakang kartu berisi peraturan (Dokpri)
Bagian belakang kartu berisi peraturan (Dokpri)
Transportasi masal

Pada masa itu trem menjadi transportasi masal di Batavia hingga Jakarta. Banyak masyarakat terbantu dengan adanya trem yang memiliki beberapa jalur. Pada 1954 beberapa jalur trem ditutup. Pada 1957 perusahaan trem dinasionalisasi menjadi Pengangkutan Penumpang Jakarta (PPD). Jakarta resmi menghapus trem pada 1962.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun