Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Gambar Cadas Tertua di Dunia Berumur 44.000 Tahun di Maros-Pangkep

12 Desember 2019   21:10 Diperbarui: 22 Desember 2019   18:34 593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim peneliti lukisan gua (Foto: Ratno Sardi)

Pada mulanya, ribuan tahun yang lalu, manusia purba hidup berpindah-pindah tempat. Jika sumber pangan dari lokasi yang satu habis, maka mereka akan mencari tempat lain.

Lama-kelamaan mereka mulai menetap, bahkan membudidayakan sumber pangan. Sumber pangan mereka adalah tumbuh-tumbuhan dan hewan. Tidak jarang mereka harus berburu hewan ke luar wilayah tempat tinggal mereka.

Untuk melindungi tubuh dari cuaca, mereka mencari ceruk atau gua. Di tempat itulah mereka tinggal, tentu dengan kondisi seadanya. Dari penelitian terhadap gua-gua purba, ditafsirkan gua memiliki tiga bagian. Bagian terbawah untuk tempat tinggal dan bagian tertinggi untuk 'nenek moyang', jadi bersifat suci.

Lukisan gua tentang perburuan (Foto: Ratno Sardi)
Lukisan gua tentang perburuan (Foto: Ratno Sardi)
Telapak tangan  

Sebagai penanda gua ini milik si A, gua itu milik si B, dan seterusnya, kemungkinan manusia purba membuat 'lukisan'. Soalnya di banyak gua sering dijumpai bentuk-bentuk yang berlainan, seperti telapak tangan, berbagai jenis hewan, dan perahu.

Lukisan gua atau gambar cadas banyak ditemukan di Nusantara, mulai dari Sumatera hingga Papua. Selain di dalam gua, lukisan-lukisan purba juga terdapat di tebing atau sekitar pantai. 

Bila dilihat memakai perahu, maka di Indonesia bagian timur gambar-gambar demikian kentara sekali. Begitu pula jika memakai drone. Dari Indonesia bagian timur, kemungkinan masuk ke Australia.

Beberapa pakar Indonesia telah mendokumentasikan gambar-gambar purba tersebut dalam ujud buku Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia terbitan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, 2015.

Lukisan di atas langit-langit gua (Foto: Ratno Sardi)
Lukisan di atas langit-langit gua (Foto: Ratno Sardi)
Dari gambar-gambar yang teridentifikasi sebelumnya, boleh dikatakan tidak ada yang unik. Nah, yang unik ditemukan di situs Leang Bulu' Sipong 4, yang merupakan satu dari ratusan gua di daerah Kars Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan.

Situs tersebut ditemukan pada 2017. Di situ terdapat lukisan gua yang menggambarkan adegan sekelompok figur setengah manusia dan setengah hewan (therianthropes) yang sedang berburu hewan mamalia besar dengan tombak maupun tali.

Lukisan itu diperkirakan berasal dari 44.000 tahun yang lalu. Inilah lukisan tertua di dunia, yang tentu saja menunjukkan bangsa di Nusantara tidak kalah dengan bangsa di Eropa. Sebelumnya gua yang sering menjadi 'rujukan' adalah gua Lascoix di Perancis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun