Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Penulis Arkeologi/Museum, Numismatis, Komunitas, Pemerhati Astrologi/Palmistri

Lulusan Arkeologi UI, pejuang mandiri, penulis artikel, pegiat komunitas, kolektor (uang dan prangko), dan konsultan tertulis (astrologi dan palmistri). Memiliki beberapa blog pribadi, antara lain https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mem-follow Instagram, Cara Generasi Milenial Mengajak Masyarakat Mencintai Museum

14 Oktober 2019   08:11 Diperbarui: 14 Oktober 2019   08:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mem-follow Instagram, Cara Generasi Milenial Mengajak Masyarakat Mencintai Museum
Materi pameran Museum Timah Indonesia (Dokpri)

Seluruh rangkaian Hari Museum Indonesia (HMI) di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua Jakarta, berakhir pada 13 Oktober 2019. Acara berlangsung sejak 7 Oktober 2019 hasil kerja sama Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Pada hari terakhir 13 Oktober 2019 itu, sebanyak 700-an siswa mengikuti kegiatan workshop pembuatan gerabah di Museum Seni Rupa dan Keramik. Mereka dipandu membuat barang dengan teknik pilin dan teknik tekan. Panitia menyediakan tanah liat.

Beberapa ruangan di Museum Seni Rupa dan Keramik dipadati peserta. Mereka duduk berjejer di atas karpet untuk berimajinasi dan berkreasi. Setelah bentuk dasar jadi, mereka diminta menghiasi gerabah tersebut. Hasilnya boleh dibawa pulang.

Workshop gerabah di Museum Seni Rupa dan Keramik (Dokpri)
Workshop gerabah di Museum Seni Rupa dan Keramik (Dokpri)
Terbaik

Saya sempat mengunjungi beberapa stan museum. Museum Geologi Bandung cukup ramai didatangi masyarakat yang sedang berlibur di kota tua. Tampilannya bagus. Pada 2014, kalau tidak salah, saya pernah mengunjungi Museum Geologi ketika menjadi salah satu juri anugerah museum. 

Waktu itu Museum Geologi dinyatakan terbaik sebagai museum milik institusi pemerintah/BUMN. Pada ajang Festival Museum Enjoy Jakarta ini, stan Museum Geologi terpilih sebagai pemenang ke-3. Pemenang pertama Museum Timah Indonesia, diikuti Stasiun Bondowoso.

Stan komunitas museum memang masih sulit bersaing dengan stan museum. Museum memiliki anggaran, atau dengan kata lain dana dari pemerintah. Sementara komunitas dananya berasal dari patungan para pengurus.

Anugerah Purwakalagrha (Dokpri)
Anugerah Purwakalagrha (Dokpri)
Purwakalagrha

Puncak Hari Museum Indonesia (HMI) juga berlangsung di Perpustakaan Nasional. Di sini Komunitas Jelajah menyelenggarakan ajang Indonesia Museum Awards Purwakalagrha. 

Terpilih Museum FKUI (Museum Cerdas), Museum Blanco (Museum Bersahabat), Museum Patung Burung Universitas Udayana (Museum Unik), dan Museum Goedang Ransoem (Museum Berprestasi). 

Pada ajang itu juga terpilih Media Peduli Museum (detik.com), Tokoh Pengabdian Sepanjang Hayat (Prof. Toeti Heraty Rooseno), dan Tokoh Muda Museum (Olivia Zalianty dan Lisa Ayodhya).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN