Mohon tunggu...
Josua Sibarani
Josua Sibarani Mohon Tunggu... Konsultan - Pembelajar

Pembaca, Pembelajar, Mencoba Menulis

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Andai Aku Orang Terkaya Indonesia

6 Desember 2017   17:03 Diperbarui: 6 Desember 2017   17:22 462
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://www.forbes.com/indonesia-billionaires/list/

Alangkah senang rasa hatiku, apabila aku untuk sebentar saja dalam angan-anganku jadi orang terkaya Indonesia! Dalam angan-angan demikian, aku bersorak-sorak dan riang gembira, kalau majalah Forbes setiap bulan November merilis namaku menjadi orang terkaya di Indonesia.

Aku akan berbesar hati dengan pernyataan-pernyataan gembira itu. Aku akan berterima kasih terhadap kepada Tuhan atas kekayaan-Nya. Aku akan berdoa kepada Tuhan, semoga kekayaanku tetap ada dan tetap bertahan di masa mendatang.

Kepada semua perokok Indonesia, aku akan meminta uang mereka, supaya tetap membeli rokok dari produksi pabrik rokokku. Tidak itu saja. Namun pula, BPJS Kesehatan turut membiayai pengobatan sakitnya si perokok tersebut. Aku akan ............. Ya, entah aku akan berbuat apa saja, seandainya aku orang terkaya Indonesia. Karena aku merasa seolah-olah akan bisa berbuat apa saja.

Tetapi, tidak betullah itu! Andai aku orang terkaya Indonesia, tidaklah aku akan sampai hati untuk berbuat demikian. Andai aku orang terkaya Indonesia, tidaklah aku menjual rokok.

Sungguh, seandainya aku orang terkaya Indonesia. Lebih dahulu aku menutup pabrik rokokku, barulah aku boleh menikmati kekayaanku sendiri.**

** Mencontoh tulisan Soewardi Soerjaningrat: Kalau Saya Seorang Belanda (Als Ik Eens Nederlander Was)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun