Mohon tunggu...
Djihni Nabila Maharani
Djihni Nabila Maharani Mohon Tunggu... Editor - pengusaha

Nama ku Djihni Nabila, aku suka hal baru, dan banyak hal lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalisasi Retorika dalam Komunikasi Bisnis

12 Desember 2022   08:35 Diperbarui: 12 Desember 2022   08:40 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi adalah media dalam menyampaikan dan menerima pesan atau berita antara dua orang atau lebih dengan tujuan memberikan suatu informasi. Hal ini merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan agar bisa berjalan dengan baik, serta tidak terjadi suatu kesalahpahaman. Seperti halnya Komunikasi diperlukan dalam berbagai macam kebutuhan, salah satu contohnya seperti Komunikasi dalam suatu Bisnis.

Komunikasi dalam Bisnis sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis, untuk komunikasi ke karyawan, konsumen, dan Partner bisnis. Hal ini agar bisa dilakukan secara efektif dan efisien maka diperlukannya suatu teknik dan strategi. Jika mengenal lebih dalam, komunikasi itu sangat unik. ia memiliki banyak sekali suatu metode, salah satunya yaitu metode Retorika.

Retorika sendiri menurut KBBI yaitu keterampilan berbahasa secara efektif, secara harfiahnya retorika adalah kemampuan seni bahasa untuk merayu dan membujuk lawan bicara atau audiens. Jika dikaitkan dalam komunikasi bisnis metode retorika ini sangat tepat dan efektif diterapkan baik untuk lingkup internal maupun eksternal. Lalu bagaimana si implementasi agar bisa terciptanya optimlisasi Retorika dalam komunikasi Bisnis?

Seperti yang dikatakan oleh Aristoteles pada tahun 2300 SM “Retorika adalah kemampuan untuk memilih dan menggunakan bahasa guna melakukan persuasi”. Dalam hal ini untuk melakukan persuasi dapat menggunakan jenis Retorika Deliberatif, yaitu teknik memfokuskan penggunaan bahasa dengan apa yang terjadi dimasa depan dari akibat apa yang diterapkan atau dilakukan saat ini, sehingga mempengaruhi di masa mendatang. Berikut 3 senjata Aristoteles yang dapat diImplementasikan dalam optimalisasi komunikasi bisnis:

Ethos Seperti hal nya Ethos yaitu cara meyakinkan Audiens dengan kredibilitas usaha atau bisnis yang kita punya. Seperti halnya membicarakan manfaat si produk kepada customer, benefit yang didapat oleh karyawan jika komunikasi ini untuk internal, serta kekuatan dan keungulan perusahaan itu sendiri jika komunikasi ini untuk partner bisnis.

Logos pesan yang diterima harus logis, bisa menggunakan analogi yang menarik untuk menyampaikan maksud tujuan dengan baik.

Pathos yaitu penggunaan bahasa dengan mengaitkan emosional seseorang untuk menyentuh hati nya, jadi pathos lebih kependekatan dalam perasaan si lawan bicara.

Dari ketiga teknik Retorika diatas dapat diterapkan dalam memoles komunikasi bisnis. Seni ini dilakukan agar seni dalam komunikasi bisa lebih berkembang lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun