Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Freelancer - Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Aceh, Surga Dunia yang Terlupakan

2 Juli 2022   22:42 Diperbarui: 3 Juli 2022   19:36 414 19 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Masjid Baiturrahman (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Bicara Aceh, yang pertama kali terbayang adalah penerapan hukum syariah yang cukup ketat dengan hukuman cambuk bagi yang melanggarnya. Keberadaan GAM di masa lalu juga membuat banyak orang khawatir akan keamanan di sana. 

Trauma tsunami turut menjadikan orang juga was-was untuk berkunjung ke pesisir pantai, takut kejadian serupa bakal terulang kembali. Belum lagi karakter orang Aceh yang keras membuat rasa nyaman berkurang saat berjalan-jalan di tempat umum.

Ketika pertama kali berkunjung ke Aceh, saya juga sempat berpikiran sama. Namun seiring dengan waktu, lambat laun bayangan tersebut mulai sirna. Apalagi seiring dengan seringnya saya berkeliling Aceh bahkan hampir khatam dikunjungi seluruh kabupaten kotanya, keindahan alam Aceh satu persatu mulai terkuak. Benar-benar luar biasa dan masih relatif alami dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Hutan Pinus ala Alpen (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Hutan Pinus ala Alpen (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Dari pengalaman keliling ke-34 provinsi di Indonesia, menurut saya Aceh merupakan provinsi yang paling lengkap keindahan alamnya. Mulai dari pantainya yang tak kalah dengan Maldives hingga pegunungan yang mampu bersaing dengan keindahan Alpen minus salju di pucuknya. Aceh benar-benar surga dunia yang masih perawan, belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia yang merusak alamnya.

Tugu KM 0 Indonesia (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Tugu KM 0 Indonesia (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Dimulai dari Sabang yang berada di ujung paling barat, disinilah wilayah Indonesia dimulai dari barat, ditandai dengan tugu titik Nol Kilometer hingga berujung di Merauke wilayah paling timur Indonesia. 

Di sini kita juga bisa snorkling di sekitar pulau Rubiah dan menikmati keindahan sunrise di pantai timur Sabang. Kota Sabang juga pernah menjadi wilayah Pelabuhan bebas seperti Batam sebelum ditutup beberapa tahun lalu. Ciri khas yang masih tertinggal adalah berseliwerannya mobil-mobil eks luar negeri yang tidak ada di tempat lain.

Sunset di Lhoknga (Sumber: Dokumentasi pribadi)
Sunset di Lhoknga (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Bergerak ke daratan, kita akan disuguhi pantai barat Aceh yang menawan mulai dari Lhoknga hingga ke Tapaktuan. Di sinilah pemandangan sunset benar-benar indah, tak kalah dengan pantai Kuta Bali, dan pantainya masih relatif bersih dibandingkan pantai-pantai di Jawa dan Bali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan