Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Karimunjawa, Teladan Pengelolaan Wisata Indonesia

27 Desember 2019   16:27 Diperbarui: 29 Desember 2019   15:41 628 6 2 Mohon Tunggu...
Karimunjawa, Teladan Pengelolaan Wisata Indonesia
Selamat Datang Karimunjawa | Dokumentasi pribadi

Liburan tahun ini terasa agak istimewa karena bepergian lintas pulau dengan kapal. Selama ini kami sekeluarga biasa liburan touring dengan kendaraan pribadi atau pesawat terbang, kalaupun menggunakan kapal hanya menyeberang ke Bali serta ke Penang yang jaraknya hanya sepelemparan batu saja.

Sudah lama kami sekeluarga hendak liburan ke Karimunjawa, namun baru tahun inilah kesampaian niatnya. 

Prosesnya memang agak sedikit rumit karena harus pesan tiket kapal langsung ke agen lewat WA, walaupun di aplikasi juga tersedia. 

Untung saya tidak beli lewat aplikasi karena ketika saya telepon agen jadwal yang saya pilih di aplikasi sudah habis, padahal di aplikasi masih tersedia penuh.

Pantai Bobby | Dokumentasi pribadi
Pantai Bobby | Dokumentasi pribadi

Jadwal pun terpaksa dimajukan karena jadwal semula sudah fully booked. Butuh kesabaran untuk memesan via WA karena cukup lama responnya, total dua hari baru diproses mulai dari bertanya hingga pembayaran. 

Maklum, mungkin musim liburan jadi banyak juga yang pesan lewat WA sehingga agak repot kalau harus membalas satu per satu.

Singkat cerita, tiket sudah ditangan dan kami sekeluarga berangkat ke Jepara dengan travel karena khawatir parkiran mobil penuh. 

Benar juga, parkiran agak penuh walau masih ada satu dua slot kosong. Tiket via WA yang dicetak di rumah ditukar dengan boarding pass setiba di pelabuhan.

Pulau Cilik| Dokumentasi pribadi
Pulau Cilik| Dokumentasi pribadi

Siangnya kami berangkat menggunakan kapal cepat menuju Karimunjawa. Waktu tempuhnya sekitar dua setengah jam, dan sempat delay satu jam karena muatan penuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN