Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Belajar Mengelola Wisata dari Jeju, Korea Selatan

12 Desember 2019   17:31 Diperbarui: 15 Desember 2019   10:34 259 8 4 Mohon Tunggu...
Belajar Mengelola Wisata dari Jeju, Korea Selatan
Pantai Kepala Naga Yongduam Rock| Dokumentasi pribadi

Indonesia sedang gencar-gencarnya menciptakan 10 Bali baru sebagai destinasi wisata unggulan. Namun sayangnya belum tampak konsep yang jelas mengenai pengembangan wisata di 10 lokasi tersebut. 

Untuk itu, tak ada salahnya kalau pemerintah belajar dari Korea Selatan. Saat ini Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asal Indonesia selain Jepang dan Eropa.

Selamat Datang Jeju | Dokumentasi pribadi
Selamat Datang Jeju | Dokumentasi pribadi
Salah satu hal yang menarik dari Korea Selatan adalah menetapkan pulau Jeju sebagai daerah khusus wisata dan memberikan otonomi khusus yang berbeda dengan wilayah daratan. 

Pulaunya sendiri tidak terlalu besar, sekitar 1.826 Km2 atau hanya sepertiga luas pulau Bali. Namun di dalamnya boleh dibilang ibarat palugada, apa yang lu butuh gue ada. Mulai dari wisata alam, budaya, belanja, kuliner, rekreasi buatan, hingga olahraga semua ada di sana.

Puncak Gunung Hallasan | Dokumentasi pribadi
Puncak Gunung Hallasan | Dokumentasi pribadi
Gunung Hallasan yang merupakan puncak tertinggi di Korea Selatan berada di tengah pulau tersebut. Demikian pula Seongsan Ilchulbong atau bekas kawah gunung berapi di sudut timur pulau. 

Ada wisata pantai dengan batu berbentuk kepala naga atau disebut Yongduam Rock, air terjun Jeongbang, dan puluhan wisata alam lainnya yang tersebar di penjuru pulau. Juga ada gua lava tube yang menjadi ikon UNESCO sebagai tempat yang wajib dilestarikan.

Rumah Tradisional Jeju | Dokumentasi pribadi
Rumah Tradisional Jeju | Dokumentasi pribadi
Rumah tradisional Jeju beserta perkampungannya juga masih terawat rapi di Seongeup Folk Village dan Jeju Folk Village. 

Bentuknya agak berbeda dari bangunan di Korea daratan karena dibuat dari susunan batu vulkanik yang banyak tersedia di Jeju dengan atap rumbia, persis seperti rumah tradisional di Indonesia.

Musium K-Pop | Dokumentasi pribadi
Musium K-Pop | Dokumentasi pribadi
Ada kompleks wisata buatan seperti Jungmun Tourist Complex yang didalamnya terdapat Museum Teddy Bear, K-Pop, Believe It or Not. Ada pula yang memadukan museum dengan wisata alam seperti O'Sulloc Tea Museum. 

Kemudian taman bermain seperti Eco Theme Park, Hello Kitty Island, Love Park, dan sebagainya. Jeju juga punya stadion sepakbola yang pernah dipakai saat Piala Dunia 2002 lalu.

Pasar Dongmun | Dokumentasi pribadi
Pasar Dongmun | Dokumentasi pribadi
Mau belanja, datang saja ke Dongmun Traditional Market. Di sini tersedia aneka buah-buahan, ikan laut, bumbu masakan khas Korea, serta sayur mayur yang didatangkan dari pulau Jeju sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x