Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Freelancer - Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

Teliti Kembali Sebelum Membayar Online

29 Januari 2019   20:50 Diperbarui: 30 Januari 2019   01:38 19116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: (Getty Images/iStockphoto) | Kompas.com

Belanja atau memesan tiket/voucher hotel memang sekarang lebih mudah melalui online.

Kita tinggal klik apa yang kita mau, lalu kita bayar dan tunggu kiriman barang atau cetak tiket/voucher. Namun dibalik itu semua ternyata ada beberapa hal yang harus diwaspadai agar kita tidak dirugikan, baik materi maupun waktu.

Saya beberapa kali mengalami kesalahan bayar akibat tidak meneliti kembali karena terburu-buru mengklik bayar tanpa membaca ulang apa yang akan dipesan. Beberapa hal yang perlu dicermati sebelum membayar online antara lain:

1. Cek Ketersediaan Barang
Khusus untuk pembelian barang elektronik atau barang bernilai tinggi, sebaiknya cek ketersediaan stok terlebih dahulu, kecuali memang dicantumkan dalam catatan toko bahwa barang benar-benar ready stock dan tidak perlu bertanya lagi. 

Saya pernah dua kali tersangkut kasus ketiadaan barang padahal sudah terlanjur membayar secara online. Pertama saat membeli kamera di sebuah marketplace, ternyata barangnya sudah discontinued alias tidak terbit lagi. Untungnya si pelapak berbaik hati untuk membatalkan pesanan sehingga dana bisa dikembalikan secara utuh.

Kedua saat membeli laptop di sebuah toko online (bukan marketplace), lagi-lagi barangnya discontinued padahal jelas-jelas di situsnya masih terpampang dan tidak ada tulisan out of stock atau stok habis, karena biasanya kalau barang tidak ada akan tertulis demikian.

Akhirnya, saya mengganti laptop lain yang harganya lebih murah dan uangpun kembali dengan selamat. Namun prosesnya memakan waktu seminggu lebih karena bolak balik mencek ketersediaan barang ke distributor terlebih dahulu.

Memang uang yang telah dibayarkan semuanya kembali, namun cukup merepotkan saya ketika harus berkali-kali konfirmasi dengan petugas yang berbeda-beda di call center-nya sampai saya datangi sendiri ke tokonya, walau sudah dihubungi balik via telepon. Oleh karena itu sebelum membayar, pastikan kalau stok memang benar-benar tersedia. Jangan keburu nafsu membeli barang tanpa dicek terlebih dahulu.

2. Cek Tanggal
Biasanya hal ini terjadi ketika kita memesan tiket atau hotel, karena terburu-buru lupa mengubah default tanggal dan terlanjur sudah dibayar. Biasanya situs pemesanan tiket sering menyimpan tanggal terakhir kita searching sebelum memesan kembali untuk tanggal lain. Saya beberapa kali lupa mengganti tanggal karena terburu-buru.

Pertama ketika baru tiba di Manado, karena sudah lelah saya langsung memesan hotel tanpa melihat tanggal. Begitu hendak check in, petugas hotel mengatakan tak ada pemesanan atas nama saya pada hari itu. Saya tetap ngotot namun petugas juga tetap bertahan bahwa nama saya tak ada dalam daftar.

Akhirnya saya keluar sejenak dan baru sadar kalau data tanggal yang dimasukkan salah. Karena terlanjur malu, saya memesan kembali hotel lain yang tidak jauh dari hotel sebelumnya serta harganya lebih murah. Untungnya pesanan saya bisa dikembalikan penuh uangnya walau harus menelpon call center untuk membatalkan pesanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun