Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wisata Premium Harga Medium

10 Februari 2016   17:26 Diperbarui: 10 Februari 2016   18:04 192 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Kompasianer Jogja Berpose Bersama Tim Safari Prigen"][/caption]Jawa Timur kaya akan obyek wisata baik alam maupun buatan, salah satunya adalah Taman Safari Indonesia 2 atau lebih dikenal dengan Taman Safari Prigen. Lokasinya berada di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, tidak jauh dari tepi jalan raya Surabaya - Malang. Uniknya obyek wisata ini adalah penggabungan antara wisata alam (fauna) dengan wisata buatan (taman rekreasi) dan sarana edukasi yang tidak terdapat di obyek wisata lainnya khususnya di Jawa Timur. Taman Safari Prigen menyajikan menu utama Safari Adventure, yaitu bertualang bersama ribuan satwa dari berbagai belahan dunia di kaki Gunung Arjuna, serta Animal Show dan taman rekreasi.

Memelihara ribuan hewan dalam suatu kawasan tentu memerlukan biaya besar, dan diasumsikan dengan harga tiket yang mahal. Namun tidak demikian dengan Taman Safari Prigen, disini kita bisa memilih dari harga termurah yaitu tiket rusa seharga Rp. 75.000 (weekday) dan Rp. 85.000 (weekend) hingga tiket termahal yaitu tiket badak unlimited seharga hanya Rp. 115.000 (weekday) dan Rp. 135.000 (weekend). Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan obyek wisata lain di daerah sekitarnya seperti di Batu, Malang, atau Surabaya, dengan variasi permainan maupun hiburan yang jauh lebih banyak dibandingkan obyek wisata lain. Tidak terlalu murah memang, namun sepadan dengan variasi hiburan satwa maupun atraksi yang bisa dinikmati seharian sepuasnya.

Lalu apa lagi yang unik dari Taman Safari Prigen? Cobalah nikmati makan bersama harimau di Tiger Cave, tentu dengan harap-harap cemas berebut makan dengan Harimau Benggala yang terkenal buas itu. Atau berputar-putar dalam mangkuk Super Bowl yang dalamnya 12 meter dan panjang slidenya 500 m selama 3 kali putaran di Safari Water World, tentu bakal lumayan memusingkan. Selain itu ada atraksi hewan yang tak kalah menariknya, seperti Tiger Stage, Elephant Journey alias berkeliling bersama gajah, atau berenang bersama Dolphin yang mengasyikkan. Dan di tahun 2016 ini Taman Safari Prigen bakal kedatangan Wombat dan Kangguru dari Australia. Di samping itu juga bakal tersedia tempat menginap di dalam arena Taman Safari yang diberi nama Baobab, jadi kita tak perlu lagi bolak balik menginap di luar arena untuk menikmati Taman Safari Prigen selama lebih dari satu hari penuh.

Di samping sarana wisata, Taman Safari Prigen juga menjadi area konservasi bagi satwa yang mulai langka. Di sini terdapat Gajah dan Harimau dari Sumatera yang jumlahnya mulai berkurang, lalu dikembangbiakkan dan dilepas kembali ke habitatnya setelah siap, dengan menanam chip untuk memantau pergerakan satwa di alam bebas. Selain itu Taman Safari Prigen juga menjadi sarana edukasi bagi para pelajar yang ingin mengetahui seluk beluk satwa baik jenis maupun cara pemeliharaannya. Jadi ibarat three in one location, yaitu wisata, konservasi, dan edukasi tersedia disini.

So, Are You Ready? Yeah, segera jadwalkan liburan Tahun 2016 ini ke Taman Safari Prigen, Tempat Wisata Alam dan Rekreasi ternama di Jawa Timur. Apalagi di tahun ada beberapa event yang akan diselenggarakan seperti Safari Run 2016 Trail n Colour Run 5K & 8K, dan Kampung Monyet dalam rangka memeriahkan Imlek yang baru saja berakhir. Itulah sekilas acara Covarage Taman Safari Prigen bekerja sama dengan Kompasiana di Jogjakarta. Selamat berlibur di Taman Safari Prigen.

VIDEO PILIHAN